Datang ke MKD, Nur dan Sri Adukan Fahri

Senin, 30 Januari 2017 – 13:07 WIB
Fahri Hamzah. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Delegasi buruh migran Indonesia di Hong Kong yang tergabung dalam Lingkaran Aku Cinta Indonesia (LACI) resmi mengadukan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), terkait pernyataannya di twitter.

Kedua delegasi LACI itu adalah Nur Halimah dan Sri Martuti. Mereka datang ke MKD, Senin (30/1), untuk mengadukan Fahri, karena menyebut mereka pengemis dan babu.

BACA JUGA: Dari Hong Kong ke Jakarta Hanya untuk Laporkan Fahri

Mereka berharap mahkamah etik DPR mengevaluasi kinerja politikus PKS itu.

"Tidak selayaknya sebagai publik figur Bapak Fahri Hamzah mengatakan seperti itu. Kami bukan pengemis, bukan babu. Kemi kerja di Hong Kong itu juga karena di Hong Kong ada permintaan untuk tenaga kerja Indonesia. Jadi kami bukan pengemis, ada permintaan kemudian kami datangg ke sana," kata Nur Halimah kepada wartawan di kompleks Parlemen.

BACA JUGA: Inilah Pengirim TKI ke Arab Saudi Tanpa Prosedur Resmi

Dikatakan, mereka di sana menghasilkan uang yang dikirim ke tanah air untuk biaya hidup keluarga.

Bahkan, dari keringat mereka, negara diuntungkan dengan penerimaan devisa yang digunakan untuk pembangunan. "Jadi kita jauh dari kata-kata pengemis," tukas Halimah.

BACA JUGA: Bongkar Indikasi Perdagangan Manusia ke Arab Saudi!!

Sementara, Sri menambahkan, selain pimpinan dewan, Fahri merupakan ketua Tim Pengawas TKI DPR.

Sehingga, tidak seharusnya dia merendahkan para TKI. Karena itu, LACI yang terdiri dari 55 organisasi buruh migran di Hong Kong, merasa sangat kecewa.

Dalam pengaduan tersebut, LACI menyertakan tuntutan agar MKD segera memeriksa Fahri Hamzah, terkait dugaan pelanggaran kode etik sebagaimana diatur pada Pasal 9 ayat 2 Peraturan DPR Nomor 1 Tahun 2015 tentang Kode Etik.

Kedua, MKD harus memeriksa Fahri dalam kaitan Pasal 81 huruf G UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3), yang menyatakan bahwa anggota DPR berkewajiban menaati tata tertib dan kode etik.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Fahri Hamzah Ajak Negara Islam Hindari Isu Buatan Barat


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Fahri Hamzah   TKI   MKD  

Terpopuler