DBL Bangkitkan Gairah Remaja Aceh

Jumat, 08 Januari 2010 – 10:52 WIB
BANDA ACEH - KONI Provinsi Aceh memberikan apresiasi dan dukungan terhadap kompetisi basket pelajar SMA, Honda Development Basketball League (DBL) 2010 yang akan digelar, 12-16 Januari di GOR KONI Aceh.

Diharapkan dari pegelaran even basket level junior yang paling bergengsi ini,  bisa membangkitkan gairah dalam pembinaan serta pengembagan olahraga perbasketan di tanah rencong ini.

"Kami sangat mendukung digelarnya kompetisi DBL karena akan lebih membangkitkan olahraga basket  bagi junior khususnya di kalangan para pelajar di Aceh," kata Sekretaris Umum KONI Aceh, Drs Nuzuli MS.

Selama ini, sebutnya, kompetisi  atau kejuaraan bola basket hanya untuki tingkat senior, sedangkan junior nyaris tidak ada, sehingga kegiatan DBL bisa menjadi ajang kompetisi untuk mencari bibit pebasket berprestasi di masa mendatang.

Nuzuli, seharusnya untuk pembinaan olahraga harus dimulai dari junior atau pelajar, dalam pebentuk pagelaran even dan kompetisi, sehingga apabila sudah senior, mereka tinggal melanjutkan untuk meningkatkan prestasi.

"Saya pikir kompetisi DBL tersebut agar dilaksanakan secara nasional seperti liga senior, sehingga pembinaan bola basket dilakukan secara berkesinambungan," kata ilmuan olahraga yang mendapat penghargaan Haornas 2009 ini.

Dikatakan, bola basket merupakan salah satu olahraga paling favorit bagi pelajar di Aceh karena hampir sekolah memiliki lapangan basket, sehingga dengan adanya kompetisi DBL akan menambah gairah generasi muda untuk meningkatkan prestasi.

Ketua Panitia Riza Budiwan mengatakan, even basket pelajar DBL ini akan diikuti 12 tim yang  sudah mendaftar ke  panitiaPertandingan akan digelar di lapangan khusus, yang disediakan panitia di GOR KONI Aceh, sehingga menjadi arena basket paling modern.

Riza menyebutkan, pagelaran kompetisi DBL  yang sudah kadung menjadi idola para remaja penggemar basket di tanah air ini, sudah memasuki tahun keempat, sejak yang pertama tahun 2004 yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur.

Pada 2008 DBL menyebar ke 11 kota di 10 provinsi di Indonesia

BACA JUGA: Sang Badut Kena Cekal

Lalu berkembang lagi ke 16 kota di 15 provinsi pada 2009
Pada 2010 DBL akan menyebar ke 21 kota di 18 provinsi mulai dari Aceh sampai Papua.

Kompetisi ini atas kerjasama Jawa Pos dan Honda dengan Liga Basket Amerika (NBA)

BACA JUGA: Vieira Segera Tinggalkan Inter

Kompetisi tersebut nantinya akan dicari pemain terbaik dan selanjutnya mengikuti pemusatan latihan di Surabaya
Tim tersebut nantinya berkesempatan bertanding dengan tim basket pelajar di Amerika Serikat.(sud)

BACA JUGA: Kompany Puji Mancini

BACA ARTIKEL LAINNYA... Timnas Kalah, Suporter Berulah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler