Debat Capres-Cawapres Sangat Penting Bagi Pemilih

Rabu, 13 Desember 2023 – 20:59 WIB
Arsip - Pengamat politik Universitas Brawijaya Wawan Sobari. (ANTARA/Dokumentasi pribadi)

jpnn.com - MALANG - Debat Calon Presiden-Calon Wakil Presiden Pemilu 2024 sangat penting untuk meyakinkan pemilih menggunakan hak suaranya pada pemungutan suara.

Menurut pengamat politik Universitas Brawijaya Wawan Sobari, debat capres-cawapres bahkan menjadi kunci bagi para pemilih yang saat ini masih ragu-ragu dalam menentukan pilihan.

BACA JUGA: Baca Pesan Unik Warga Riau, Anies Kembali Ingatkan Coblos Partai Pengusung

"Bagaimana meyakinkan masyarakat yang masih ragu? Menurut saya debat ini salah satunya," ujar Wawan di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (13/12).

Sebagai informasi, berdasarkan hasil survei salah satu media massa di Indonesia, sebanyak 28,7 persen masyarakat tercatat belum menentukan pilihan pada Pilpres 2024.

BACA JUGA: PPP Tak Terima KPU Coret 1 Nama Calegnya dari DCT

Karena itu, debat capres-cawapres merupakan satu-satunya metode kampanye efektif bagi masyarakat yang belum menentukan pilihan.

"Debat ini masih ada empat kali. Menurut saya, (elektabilitas) akan berubah, karena kami lihat makin meningkat angka yang ragu, yakni mencapai 28 persen. Itu bukti bahwa publik mengalami kebimbangan," katanya.

BACA JUGA: Ganjar Tak Puas dengan Jawaban Prabowo

Dalam debat pertama capres Pemilu 2024 di Jakarta, Selasa malam (12/12), Wawan menilai masih banyak gagasan yang bersifat normatif disampaikan oleh para capres.

Namun demikian, dia menilai ada dua posisi yang mencolok dalam perdebatan tersebut.

"Pak Prabowo cenderung melanjutkan, tidak ada yang lain. Sementara Pak Anies jelas bertolak belakang dan Pak Ganjar lebih berada di tengah," katanya.

Wawan juga mengatakan tiga capres dalam debat perdana memiliki satu pandangan yang sama terkait pemberantasan korupsi.

"Menurut saya, komitmen-komitmen seperti itu yang penting, yang menentukan arah pemerintahan itu bukan sekadar visi dan misi, tetapi tentang kepemimpinan, kekuatan sebagai pemimpin, tentunya dari sisi gaya dan cara mengambil keputusan," katanya.

KPU menyelenggarakan debat pertama capres-cawapres Pilpres 2024 di Jakarta, Selasa malam (12/12), dengan tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat diikuti tiga pasangan capres-cawapres yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Rangkaian debat capres akan dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024. (Antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... TPD DKI Jakarta: Ganjar Sukses Yakinkan Rakyat di Debat Capres 2024


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler