Dekranasda Sumedang Semarakkan KKJ-PKJB 2023, Hj. Susi Gantini Naik Kereta Layung Kencana

Senin, 10 Juli 2023 – 22:43 WIB
Ketua Dekranasda Kabupaten Sumedang Hj. Susi Gantini menaiki Kereta Layung Kencana saat menyemarakkan KKJ-PKJB 2023 di  Kota Bandung, Sabtu (8/7). Foto: Humas Pemkab Sumedang

jpnn.com, BANDUNG - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sumedang turut memeriahkan parade Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB) 2023 di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (8/7).

Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan para kepala daerah dari 27 kabupaten/kota di provinsi berjuluk Tatar Sunda itu hadir langsung pada acara yang memamerkan berbagai produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tersebut.

BACA JUGA: Jabar Genjot Penerapan SPBE, Sumedang Siap Bantu Daerah Lain

Helaran dan fashion show pada KKJ-PKJB 2023 merupakan salah satu pertunjukan yang ditunggu-tunggu dan menyita perhatian banyak kalangan.

Ketua Dekranasda Kabupaten Sumedang Hj. Susi Gantini terjun langsung dalam parade itu.

BACA JUGA: Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir Juara Keterbukaan Informasi Publik 2023

Istri Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir tersebut berparade dengan menaiki Kereta Layung Kencana yang diiringi pasukan Kidung Maung.

Wakil Ketua Harian Dekranasda Sumedang Yanti Krisyana Dewi beserta Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian Sumedang Hari Tri Santosa mendampingi Hj. Susi dalam parade itu.

BACA JUGA: Digitalisasi Pemkab Sumedang Kian Kondang, SPBE Dipaparkan di Markas World Bank

Di belakang kereta yang dinaiki Hj. Susi Gantini itu terdapat pasukan Kidung Maung yang terdiri atas 22 orang, termasuk lima pengawal, lima dayang-dayang, dan 10 orang yang mengenakan costume play atau cosplay.

Kereta Layung Kencana tersebut dilengkapi dengan berbagai ornamen, antara lain, kuda, payung, dan kujang berwarna emas.

Kuda melambangkan kecepatan dan keindahan. Adapun payung melambangkan satu naungan kerajinan daerah, sedangkan kujang berwarna emas adalah simbol kejayaan.

Hj. Susi Gantini mengatakan pihaknya senantiasa mendorong peningkatan kapasitas pelaku UMKM Kabupaten Sumedang melalui pembinaan dan bimbingan teknis.

"Upaya tersebut untuk meningkatkan produksi, mutu, dan desain produk dalam rangka meningkatkan daya saing produk kerajinan berbasis kearifan lokal dengan selera global," katanya.

Lebih lanjut Hj. Susi Gantini mengatakan Dekranasda Sumedang siap mendorong Jabar sebagai provinsi UMKM. Oleh karena itu, Dekranasda Sumedang juga aktif dalam program Jabar Masagi dan Jabar Juara Lahir Batin yang digagas Pemprov Jabar.

"Bersama Sumedang Sakti, Dekranasda menjadi garda terdepan dalam  mengangkat kreativitas, karya cerdas, agar Provinsi Jawa Barat menjadi kawasan berbasis budaya dan teknologi kearifan lokal dalam resonansi Kujang Sapasang," ucapnya. (jpnn.com)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dekranasda Sumedang Tampilkan Batik Kasumedangan di KKJ dan PKJB 2022


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler