Deloitte Umumkan Pemenang Penghargaan Indonesia’s Best Managed Companies

Senin, 04 Oktober 2021 – 16:24 WIB
A. Stefanus Ridwan S, President Director, PT Pakuwon Jati (kiri), Jane Fransisca, Managing Director Finance & Corporate Strategy, PT Great Giant Pineapple (kanan). Foto dok Deloitte

jpnn.com, JAKARTA - Deloitte mengumumkan pemenang penghargaan program Indonesia’s Best Managed Companies, yang digelar pada Agustus lalu.

Kedua perusahaan tersebut yakni PT Great Giant Pineapple, perusahaan yang bergerak di sektor industi Agribisnis.

BACA JUGA: Seperti ini Cara Pupuk Kaltim Tingkatkan Daya Saing Batik Lokal

Kemudian PT Pakuwon Jati Tbk, perusahaan yang bergerak di sektor industri pengembangan properti.

Dua perusahaan pemenang ini merupakan perusahaan swasta terkemuka yang telah menunjukkan keberhasilan dan kontribusi perusahaan terhadap industri dan ekonomi di Indonesia.

BACA JUGA: Restrukturisasi Pertamina Dinilai Bisa Tingkatkan Kinerja

Penghargaan khusus Indonesia ini merupakan bagian dari program global Deloitte's Best Managed Companies, yaitu penghargaan internasional yang menerapkan proses evaluasi untuk menilai kualitas manajemen bisnis di berbagai bidang termasuk strategi, kecakapan dan inovasi; budaya dan komitmen; serta tata kelola dan keuangan.

Kedua perusahaan penerima penghargaan ini dinilai berhasil melakukan inovasi meski terampak pandemi.

BACA JUGA: Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia, Deloitte Private Dirilis

“Setahun terakhir ini kita melihat beberapa perusahaan dan bahkan seluruh industri mengalami stagnanasi atau berjalan lambat, tetapi kedua perusahaan ini berhasil menunjukkan kreativitas, inovasi dan fokus pada sumber daya manusia serta tujuan mereka," ujar Country Managing Partner Deloitte Indonesia Claudia Lauw.

"Di tengah masa sulit, kedua perusahaan tersebut pantas untuk bangga atas konsistensinya menjadi yang terdepan di industri. Selamat kepada para pemenang," imbuhnya. 

Perusahaan yang memenuhi syarat program penghargaan ini dievaluasi berdasarkan kecakapan dan praktek manajemen, serta analisis terhadap strategi bisnis dan operasi perusahaan.

Kemudian, hasilnya dibandingkan dengan kerangka evaluasi yang diterapkan pada 1.000 perusahaan swasta lainnya di seluruh dunia.

Hasil dari evaluasi tersebut dapat digunakan untuk mempertajam strategi perusahaan atau untuk menambah wawasan berharga bagi pertumbuhan bisnis ke depannya.

“Salah satu manfaat utama program penghargaan Deloitte adalah membuka peluang bagi para pemenang untuk berpartisipasi dalam workshop dan roundtable discussion serta bergabung ke dalam komunitas global perusahaan swasta terbaik," kata Deloitte Private leader Indonesia Ali Mardi Djohardi.

Sementara, Iswanto CEO PT Great Giant Pineapple mengatakan ini merupakan suatu kehormatan bagi perusahaannya bisa menerima anugerah penghargaan Best Managed Companies di Indonesia.

"Kami dengan rendah hati menerima penghargaan ini sebagai pencapaian bagi semua Great People di Great Giant Pineapple yang terus menerus mencontohkan visi dan nilai-nilai kami di dalam kegiatan sehari-hari," serunya.

Penghargaan ini sambung Iswanto merupakan bukti bahwa Great Giant Pineapple memiliki praktik manajerial terdepan dan sekaligus mengukuhkan posisi sebagai pemimpin dalam industri nanas olahan.

"Sejalan dengan visi kami, kami akan melanjutkan fokus kami pada kehidupan masyarakat yang bergizi dengan makanan berkualitas yang diproduksi secara berkelanjutan dan inovatif," jelasnya.

“Kami sangat senang dan bangga bisa menjadi salah satu pemenang Indonesia Best Managed Companies 2021, yang bertepatan dengan HUT ke-39 PT Pakuwon Jati pada September 2021. Penghargaan ini merupakan bukti keberhasilan model bisnis unggulan kami, sebagai pengembang properti terdiversifikasi terkemuka di Indonesia," ucap Presiden Direktur PT Pakuwon Jati A. Stefanus Ridwan S.

Stefanus yakin penghargaan ini akan memacu semangat perusahaan untuk melanjutkan perjalanan menghadapi tantangan baru dan lebih besar ke depan.

Pemenang ditentukan oleh sebuah panel juri independen yang terdiri dari perwakilan bisnis dan akademisi. Kriteria pemenang didasarkan pada praktik terbaik dari Best Managed Companies.

Juri tahun ini adalah Profesor Agus W. Soehadi Ph.D, Universitas Prasetiya Mulya; Ibu Antarina Amir, CEO Highscope Indonesia dan Profesor Ekonomi, Universitas Indonesia; dan Claudia Lauw, Country Managing Partner, Deloitte Indonesia. 

Program Best Managed Companies adalah ajang penghargaan yang memberikan anugerah kepada perusahaan swasta atas keberhasilan dan pencapaian organisasi mereka.

Program ini memberikan kerangka kerja yang berbeda bagi tim manajemen untuk memacu diri mereka sendiri dan melakukan tolok ukur terhadap beberapa perusahaan swasta terbaik di dunia.

The Best Managed Companies program didirikan pada 1993 di Kanada dan telah menjadi penghargaan bisnis paling signifikan di sektornya.

Saat ini program tersebut aktif dijalankan di Amerika, Eropa, Australia, Tiongkok, Taiwan, India dan di Asia Tenggara.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Best Managed Companies Program, bisa mengunjungi https://www2.deloitte.com/id/en/pages/deloitte-private/topics/best-managed-companies.html.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Semangat! Mari Sambut Hari Senin dengan Membaca Doa Berikut


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler