Demi Ikut UN, Puluhan Siswa SD Menyeberangi Lautan, Ortu Menginap

Rabu, 24 Mei 2017 – 00:05 WIB
Orang tua peserta ujian yang ikut menyeberangi lautan menggunakan long boat, menuju SD YKP Segun, Kampung Segun, Distrik Segun Kabupaten Sorong, yang merupakan tempat Ujian Nasional tingkat SD, pada Minggu (14/5) lalu. FOTO : PENGAWAS UJIAN FOR RADAR SORONG

jpnn.com - Sejumlah siswa SD di wilayah Distrik Segun, Kabupaten Sorong, Papua Barat, harus naik perahu menyeberangi derasnya gelombang lautan demi untuk mengikuti Ujian Nasional (UN).

Tidak sendiri, para peserta turut ditemani guru dan orang tua yang ikut menginap di lokasi ujian.

BACA JUGA: Mendikbud: Indeks Integritas Sekolah Meningkat Tajam

Laporan : Namirah Hasmir

PELAKSANAAN Ujian Nasional (UN) yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 15 Mei hingga 18 Mei 2017, mengharuskan puluhan peserta ujian di Distrik Segun merasakan beratnya perjalanan untuk mencapai lokasi ujian.

BACA JUGA: Hari ini Sebanyak 30.367 Siswa SMP di Bekasi Ikut UN

Lokasi ujian di Distrik Segun berada di Segun Kampung. Di SD YPK Segun tersebut terdapat 6 wilayah yang melaksanakan ujian diantaranya SP 1 Segun, SP 2 Segun, SP 3 Segun, Gisim, Waimon dan Segun Kampung.

Murid yang mengikuti ujian sebanyak 36 orang dari jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 37 orang.

BACA JUGA: Kota Malang Peringkat Tertinggi Nilai UNBK, Tapi…

Dari jumlah peserta ujian yang ada, sebagian besar peserta ujian berasal dari luar Segun Kampung.

Letak wilayah yang terpisah antar pulau, mengharuskan para peserta menyeberangi lautan menggunakan long boat untuk tiba di lokasi ujian.

“Peserta ujian sudah ada sehari bahkan dua hari sebelum ujian berlangsung,” ungkap Said Rahakbauw, pengawas monitor ujian dari Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sorong saat berbincang bersama dengan Radar Sorong, di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sorong, Senin (22/5).

Tidak hanya sendiri, para peserta ditemani oleh orang tua dan guru serta kepala sekolah dari masing-masing sekolah menuju lokasi ujian.

Orang tua yang tiba di lokasi ujian, turut membawa berbagai persediaan selama menemani anak murid melaksanakan ujian.

Said Rahakbauw mengatakan, 4 jam merupakan waktu terlama menuju tempat ujian, dengan melewati darat lebih dulu lalu menyusul dengan menggunakan long boat milik warga.

Sebelum melintasi lautan, pasang surut ait laut turut diperhitungkan, oleh karena itu peserta telah tiba jauh hari sebelum ujian berlangsung.

Melewati perjalanan yang cukup jauh, turut menambah biaya yang tidak sedikit. Para orang tua murid harus berpatungan untuk biaya bahan bakar yang digunakan untuk long boat.

Sementara saat berada di lokasi ujian, para orang tua dan peserta ujian telah disediakan tempat tinggal dari para panitia ujian.

“Panitia sudah sediakan tempat tinggal, tapi ada juga yang tinggal di keluarga masing-masing,” jelas Said.

Perjalanan yang menegangkan tersebut, tidak hanya dirasakan para siswa saat ujian berlangsung. Beberapa siswa bahkan merasakan perjalanan tersebut hampir setiap hari di waktu sekolah berlangsung.

Long boat yang digunakan, berasal dari warga yang terkadang dengan senang hati mengantarkan para murid tersebut untuk menimbah ilmu.

Menurut Said, selama melakukan tugas sebagai pengawas monitor ujian dibeberapa wilayah di Kabupaten Sorong, wilayah Segun merupakan wilayah ujian terberat yang dilihatnya.

Namun, tantangan tersebut tidak lantas memutuskan semangat belajar dari setiap anak murid. Bahkan hal tersebut menunjukkan kepedulian yang sangat tinggi dari orang tua terhadap pendidikan. ***

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jelang Ujian Nasional, Pelajar SMP-MTs Batam Doa dan Dzikir Bersama


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler