Demi Kenyamanan Masyarakat, Polda Riau Musnahkan Ribuan Knalpot Brong dan Miras

Selasa, 19 Desember 2023 – 16:48 WIB
Pemusnahan knalpot brong oleh Kapolres Riau Irjen Mohammad Iqbal di halaman Mapolda Riau. Foto:Rizki Ganda Marito/JPNN.com.

jpnn.com, PEKANBARU - Polda Riau memusnahkan barang bukti knalpot brong yang disita dari kendaraan roda dua, dan puluhan ribu botol minuman keras hasil sitaan selama tahun 2023.

Pemusnahan itu dilakukan di halaman kantor Mapolda Riau, pada Selasa 19 Desember 2023.

BACA JUGA: Ratusan Bal Pakaian Bekas Diamankan Agustus Lalu, Ini Tindak Lanjut Bea Cukai Riau

Knalpot brong dimusnahkan dengan cara dipotong-potong menggunakan mesin. Sementara minuman keras (miras) digiling dengan alat berat hingga hancur.

Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal menegaskan, pihaknya telah berupaya keras dalam menekan tingkat kejahatan di wilayah hukum Polda Riau.

BACA JUGA: Momen Polisi dan Petani Makan di Kebun Sambil Sosialisasi Pemilu Damai 2024, Lihat

Salah satunya dengan menyita ratusan minuman keras yang merupakan sumber perbuatan kejahatan, serta knalpot brong yang meresahkan masyarakat.

“Kami ingin menciptakan rasa aman bagi seluruh masyarakat di wilayah hukum Polda Riau,” kata Irjen Iqbal.

BACA JUGA: DPO Kasus Pemerkosaan Ini Datangi Rumah Korban Sabtu Malam, Ini yang Terjadi

Berbagai kegiatan operasi dilakukan mulai dari operasi berkeselamatan berkendara, kemudian operasi mantap brata sebagai upaya menciptakan pemilu damai.

Juga menggelar razia di tempat-tempat hiburan malam dan aksi balap liar, serta kendaraan penggunaan knalpot brong yang telah meresahkan warga.

"Penggunaan knalpot brong saat ini juga menjadi keresahan masyarakat. Selama periode Januari hingga November 2023, Ditlantas Polda Riau dan jajaran telah berhasil mengamankan 1.597 unit knalpot brong kendaraan roda dua," jelas Iqbal.

Seluruh knalpot bising itu sebagian besar terjadlring dalam patroli dan pada saat razia balap liar.

Sebanyak 612 pengguna knalpot brong di tilang dan 985 lainnya diberi peringatan atau teguran.

“Kami selalu berupaya ciptakan suasana aman dan kondusif. Apalagi jelang perayaan Natal dan akhir tahun. Selain itu, ada agenda besar yakni Pemilu 2024. Mudah-mudahan dengan upaya kita bersama, rasa aman dan suasana kondusif ini terus terjaga," kata Iqbal. (mcr36/jpnn)


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler