Demi Penghematan, Siemens Pangkas 15 Ribu Pekerja

Senin, 30 September 2013 – 11:16 WIB

jpnn.com - BERLIN - Raksasa elektronik Jerman, Siemens mengumumkan rencana PHK besar-besaran. Dipastikan 15 ribu pegawai dari seluruh penjuru dunia akan kehilangan pekerjaan mereka pada akhir 2014.

Rencana ini merupakan bagian dari usaha Siemens untuk mengurangi ongkos produksinya sesuai target program "Siemens 2014".

BACA JUGA: Lagi, Bom Mobil Guncang Peshawar

"Rencana penyesuaian tenaga kerja Siemens 2014 meliputi 15.000 jabatan diseluruh dunia, termasuk diantaranya 5000 orang tenaga kerja di Jerman sendiri," demikian pernyataan resmi perusaahan yang bermarkas di Munchen itu, Minggu (29/9).

Saat ini, sebagian proses PHK telah rampung. Sementara sebagian lagi masih dalam tahapan negosiasi dengan pihak serikat pekerja. Namun dipastikan, seluruhnya akan selesai pada akhir tahun 2014.

BACA JUGA: Tak Semua Senang AS-Iran Mesra

Meski jumlahnya sangat besar, Siemens memastikan setiap pemecatan dilakukan sesuai prosedur dan transparan. Rencana ini juga sudah mendapat lampu hijau dari serikat pekerja.

Sekedar diketahui, perusahaan yang memproduksi berbagai barang canggih mulai dari alat telekomunikasi, kesehatan, transportasi hingga pembangkit listrik itu memperkerjakan 370 ribu orang pegawai. Sebanyak 119 ribu diantaranya berada di Jerman.

BACA JUGA: Rowhani Dielukan Sekaligus Dihujat

Program Siemens 2014 dicanangkan oleh  Direkturt Eksekutif baru mereka Joe Kaeser. Target dari program ini adalah menghemat pengeluaran lebih dari 6 juta Euro atau sekitar Rp93,5 triliun pada akhir tahun 2014. (AFP/dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Muslim Inggris Diberi Makanan Terkontaminasi Babi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler