Demokrat akan Capreskan Figur dari Luar Partai

Minggu, 09 Januari 2011 – 21:49 WIB
JAKARTA - Anggota Dewan Pembina DPP Partai Demokrat Ahmad Mubarok menegaskan bahwa sejauh ini Partainya tidak pernah mencalonkan Ani Yudhoyono sebagai calon presiden pada tahun 2014Sebaliknya, kata Mubarok, kini Partai Demokrat sedang menjajagi calon presiden dari luar partai

BACA JUGA: Capres yang Dimunculkan Sekarang Bakal Kandas

"Tentu, orang yang akan dicapreskan itu nantinya sevisi dengan Partai Demokrat," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Minggu (9/1).

Tentang disebut-sebutnya Ani Yudhoyono, Mubarok justru balik bertanya
"Itu kan yang nyebut pengamat

BACA JUGA: Mega : 2010 Tahun Pembangkangan Hukum

Berkali-kali pengamat menyebut-nyebut Ibu Ani, tetapi Partai Demokrat tidak pernah membahasnya," ujar Mubarok menegaskan.

Ia menegaskan, saat ini Partai Demokrat sudah memikirkan calon lain dari luar partai Demokrat yang dianggap sevisi dengan agenda Nasional
Alasannya, tugas partai dan tugas presiden itu berbeda

BACA JUGA: Saksi Tiga Pasangan Tolak Teken

"Demokrat berpikir tidak harus dari partai demokrat, tapi siapa saja yang relevan dengan agenda nasional, karena tugas presiden dan tugas partai itu beda," katanya.

Karena itu,  kata Mubarok ,  sejauh ini belum memikirkan untuk mencalonkan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas UrbaningrumDengan alasan, Ketua Umum Partai Demokrat tidak otomatis dicalonkan sebagai Calon Presiden"Ketua umum Partai itu tugasnya hanya membesarkan PartaiJadi, jangan berpikir Ketua Umum Partai bisa langsung jadi presidenDan jangan berpikir menjadikan negara ini menjadi Partai politik," ujar Mubarok.

Siapa figur yang sedang dilirik Demokrat? Untuk masalah ini, Mubarok masih menampik untuk mengatakannya"Kini belum saatnya bagi Demokrat menyebut calon presiden 2014Masih terlalu jauh, dan Demokrat masih harus berkonsentrasi menunjukkan kinerjanya dengan baik sampai akhir masa kekuasaanyaBaru pada tahun 2013 nanti, kita umumkan siapa yang paling layak dicalonkan dari Partai Demokrat," kata Mubarok.

Di tempat terpisah, pengamat politik dari Universitas Indonesia Effendy Gazali menilai upaya memunculkan Ani Yudhoyono merupakan strategi lain untuk mempersiapkan sebagai Capres"Kalaupun sekarang masih diurutan terbawah, kan bisa dibangun hingga ke depannya akan naik," ujarnya.

Dalam ilmu politik kata Effendi, Ani Yudhoyono pada nantinya akan diusung Demokrat tahun pada Pilpres 2014"Ini strategi yang jitu, karena untuk mendapatkan kenaikan perlu yang ditempatkan  yang rendah duluKalau berbicara keilmuwan strategi ini, iya(Ani Yudhoyono) akan tetap didorong," katanyaNamun, sumber lain menyebutkan, Demokrat diperkiarakan memang tidak akan mencalonkan Ani, tetapi salah satu kerabatnya yang kini masih aktif di militer(awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pragmatisme Politik Bakal Berlanjut


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler