Demokrat Dukung Rekomendasi Multaqo Ulama

Kamis, 09 Mei 2019 – 13:59 WIB
Ketua Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat (PD) Ferdinand Hutahaean. Foto: pojoksatu.id/Guruh

jpnn.com, JAKARTA - Partai Demokrat menyukai hasil pemikiran cendikiawan muslim yang tertuang dalam rekomendasi Multaqo Ulama. Tidak sekAdar menyukai, Partai Demokrat juga mendukung rekomendasi Multaqo Ulama.

Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menyebut rekomendasi Multaqo Ulama sudah tepat. Terlebih, dalam rekomendasi Multaqo keluar imbauan menjaga silaturahmi.

BACA JUGA: Politikus Demokrat: Tidak Mungkin Prabowo Menang 62%

"Terkait seruan multaqo, silaturahmi selama Ramadan adalah seruan yang baik, dan memang insan anak bangsa yang dari dulu diajarkan untuk menjadikan silaturahmi sebagai bagian dari kehidupan,” kata Ferdinand kepada wartawan, Kamis (9/5).

Menurut Ferdinand, Partai Demokrat selalu mendukung sesuatu yang baik. Terutama pemikiran untuk saling menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

BACA JUGA: Setelah Rangkaian Pilpres 2019 Usai, Demokrat tak Jamin Setia

"Secara pribadi sebagai politisi dan kader Partai Demokrat saya sepakat dan setuju dengan Multaqo Ulama yang menempatkan dan menyatakan bahwa Pancasila adalah dasar negara dan mengajak silaturahmi," ucap dia.

Selain menjaga silaturahmi, Multaqo Ulama juga menekankan anak bangsa menjaga dan mengamalkan Pancasila. Menurut Ferdinand, Pancasila harus menjadi satu-satunya ideologi bagi bangsa ini. Pancasila tidak boleh diganti dan tidak boleh ditukar ideologi apa pun.

BACA JUGA: Ujang: Rekomendasi Multaqo Ulama Rasional, Istimewa, Jelas Rekam Jejaknya

"Jadi, kalau itu diganti tentu Indonesia akan bermasalah berantakan, bercerai berai, dan bubar. Maka Pancasila harus dipertahankan menjadi satu satunya ideologi bangsa,” ungkap dia.

Sebelumnya, cendikiawan muslim menelurkan delapan rekomendasi Multaqo ulama di Jakarta, Jumat (3/5).

BACA JUGA: Tim Hukum Nasional Dinilai Tepat untuk Hadapi Seruan Amien Rais dan Habib Rizieq

Dalam rekomendasinya, cendikiawan muslim menegaskan kembali kesepakatan pendiri bangsa dan ulama terkemuka, bahwa bentuk bangunan Indonesia yakni NKRI. Multaqo Ulama juga menegaskan bahwa pancasila ialah dasar negara dan falsafah bangsa yang tidak boleh diganti.

Selain itu, dalam rekomendasi Multaqo Ulama muncul imbauan kepada umat Islam untuk bersama-sama mewujudkan stabilitas keamanan dan situasi kondusif. Umat muslim diminta mengedepankan persamaan sebagai umat manusia yang saling bersaudara satu sama lain.

BACA JUGA: Apa Tujuan Kelompok Teroris Solihin Berniat Beraksi saat People Power?

Tidak hanya itu, rekomendasi Multaqo Ulama mengajak seluruh umat Islam untuk menghindari dan menangkal aksi provokasi dan kekerasan dari pihak yang tidak bertanggungjawab selama dan setelah bulan Suci Ramadan. (mg10/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dugaan Ferdinand Demokrat soal Sikap PKS di Balik Sinyal Mardani Setop #2019GantiPresiden


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler