Dengan Hormat, Megawati Minta yang Paling Banyak

Kamis, 08 Agustus 2019 – 18:14 WIB
Megawati Soekarnoputri. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BALI - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta Presiden Joko Widodo alias Jokowi untuk memberikan jatah kabinet paling banyak dibanding partai-partai lain.

Megawati menyampaikan hal ini secara terbuka di hadapan Jokowi dan sejumlah ketua umum partai politik saat Kongres V PDI Perjuangan di Grand Inna Hotel, Sanur, Bali, Kamis (8/8).

BACA JUGA: Jokowi Pastikan PDIP akan Mendapat Kursi Paling Banyak di Kabinet

Selain Presiden Jokowi, ada juga Wapres Jusuf Kalla dan Wapres terpilih periode berikutnya KH Maruf Amin dan juga Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Awalnya Megawati bercerita bagaimana dirinya menjaga partainya untuk selalu konsisten dengan perjuangan. Selama sepuluh tahun memerintah, Presiden SBY menawarkan dirinya agar bergabung ke pemerintahan. Caranya adalah dengan tawaran kursi menteri. Setiap kali juga Megawati selalu menolak.

BACA JUGA: Sambangi Mahathir, Jokowi Pengin Bahas Diskriminasi Minyak Sawit

BACA JUGA: Jokowi Pastikan PDIP akan Mendapat Kursi Paling Banyak di Kabinet

Megawati mengaku anak-anaknya di partai menggerutu kepadanya saat melakukan penolakan itu. Sebab, sudah susah berjuang agar menjadi pemenang pilpres, tetapi tak pernah mendapat apa pun.

BACA JUGA: Prabowo Hadir di Pembukaan Kongres V PDIP, Fadli Zon: Biasa Saja

"Saya ngomong, kalau elo kepengin jadi menteri (dengan cara seperti itu, red), keluar dari PDIP. Ora patekhen (kurang lebih berarti tidak masalah)," kata Megawati.

Selanjutnya, Megawati berpaling ke Jokowi. Menurutnya, Jokowi mesti memberikan jatah kursi menteri kepada kader PDIP. Sebab partainya sudah dua kali menjadikan Jokowi sebagai pemenang.

"Pemenang dua kali. Betul tidak? Saksikan, ya. Iya dong. Jangan nanti, (Jokowi bilang, red) 'Ibu Mega, saya kira karena PDIP sudah banyak kemenangan, sudah ada di DPR, nanti saya kasih cuma empat ya'. Tidak mau. Tidak mau. Tidak mau," kata Megawati yang disambut riuh teriakan para kader PDIP.

"Iya dong. Orang yang tak dapat kemenangan saja minta," teriak Megawati sambil mengepalkan kedua tangannya di hadapan dada.

"Ini dalam kongres partai ya Pak Presiden, saya meminta dengan hormat, bahwa PDIP masuk ke kabinet dengan jumlah menteri yang terbanyak," kata Megawati yang disambut teriakan gemuruh dari kader.

Jokowi yang mendengarkan sambutan itu pun menjawab. Dalam sambutan setelah Megawati, Jokowi memastikan akan menjamin PDIP mendapatkan jatah menteri lebih banyak dibanding parpol lainnya. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi Datang dengan Pakaian Adat Bali, Ahok Pakai Baju PDIP


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler