Depok jadi Proyek Percontohan Kartu Nikah

Kamis, 22 November 2018 – 19:29 WIB
Kepala Kementerian Agama Kota Depok Asnawi. Foto: Ahmad Fachry/Radar Depok

jpnn.com, DEPOK - Kota Depok menjadi salah satu pilot project program pemerintah pusat dalam penyebaran hingga pembuatan kartu nikah selain Bekasi dan beberapa kota lainnya di Indonesia.

Belum lama ini, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok telah menerima sejumlah perangkat printer khusus, untuk mencetak kartu nikah.

BACA JUGA: Bawa Ganja, Pengendara Kharisma Panik, Iptu Parman Ditabrak

Kepala Kemenag Kota Depok, H. Asnawi menegaskan pihaknya siap dalam pembuatan dan penyebaran kartu nikah sebagai pengganti buku nikah.

“Peralatan sudah kami terima, tinggal pengaktifan aplikasinya. Karena akan tersambung dengan sistem komputerisasi kartu nikah. Perangkat pencetakannya semua sudah kami siapkan,” ungkap Asnawi kepada Radar Depok, Rabu (21/11).

BACA JUGA: Demokrat Tolak Kartu Nikah

Asnawi menyebutkan, Kota Depok masuk dalam pilot project dalam peluncuran kartu nikah. Namun, hingga kini belum ada pemberitahuan terbaru untuk realisasinya.

“Intinya, tim masih menunggu sampai aplikasi difungsikan. Secara teknis tentu akan tersambung. Kota Depok dan Bekasi memang jadi percontohan kartu nikah,” tutur Asnawi.

BACA JUGA: Kartu Nikah Seukuran KTP atau ATM, Kapan Mulai Dicetak?

Saat ditanya mengenai fungsi kartu nikah tersebut, lebih lanjut Asnawi menerangkan program yang merupakan ide Kementerian Agama tersebut digulirkan untuk keamanan dari buku nikah.

“Jadi, kalau buku nikah itu kan bisa dipalsukan, nah kartu nikah tidak bisa karena terhubung langsung dengan komputerisasi,” tegas Asnawi.

Kartu nikah ini rencananya akan dibagikan pada akhir November 2018. Asnawi mengatakan, rencana tersebut sudah disosialisasikan di Kemenag tingkat kota dan kabupaten di Jawa Barat.

Tetapi, secara petunjuk teknisnya (Juknis) belum jelas seperti apa mekanismenya. “Akhir November 2018 ini diberlakukan,” ucap Asnawi.

Meski begitu lanjut Asnawi, saat ini pasangan suami istri masih diberikan buku nikah. Sedangkan keunggulan dari kartu nikah adalah mudah dibawa kemana-mana sebagai penanda bahwa pasangan tersebut sudah menikah.

“Di kartu nikah, nantinya akan ada foto pasangan suami istri. Jadi kalau kemanamana gak perlu repot bawa buku nikah,” ujar Asnawi. (irw)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Heboh Kartu Nikah dengan 4 Kolom Istri, Ini Kata Kemenag


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Kartu Nikah   Depok  

Terpopuler