Desakan Agar PPPK Guru Tahap 3 Diisi Honorer Negeri Menguat, Jangan Dites Lagi

Sabtu, 25 Desember 2021 – 14:34 WIB
Seleksi PPPK guru tahap 3 agar diisi dengan honorer. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Para pentolan honorer K2 maupun non-K2 terus menyuarakan agar seleksi PPPK guru tahap 3 hanya optimalisasi.

Tidak perlu lagi menggelar tes, tetapi menempatkan guru honorer negeri yang lulus passing grade namun, tidak punya formasi.

BACA JUGA: Pengumuman Kelulusan PPPK Guru Tahap 2, Pengurus Forum Honorer K2 Menangis

"Jangan dites lagi mereka. Kalau sistemnya sama seperti PPPK guru tahap 2 sesuai ranking, guru honorer negeri sudah pasti tidak kebagian kursi," kata Ketua Solidaritas Nasional Wiyatabakti Indonesia (SNWI) Sumatera Selatan Susi Maryani kepada JPNN.com, Sabtu (25/12).

Dia mengungkapkan jumlah guru honorer yang lulus passing grade cukup banyak. Tidak sedikit juga guru honorer yang sekolahnya tidak ada formasi mencoba di sekolah lain.

BACA JUGA: Urus Dokumen Pemberkasan NIP PPPK, Guru Honorer: Lumayan Mahal

Mereka lulus passing grade, tetapi karena sistem ranking kalah telak dengan peserta bersertifikat pendidik.

Mereka berharap ikut seleksi tahap 3, tetapi kalau sistemnya ranking sudah dipastikan kalah lagi.

BACA JUGA: 4 Fakta Migrasi Guru di Seleksi PPPK 2021, Sekolah Swasta & Negeri Merugi

"Kesimpulannya kesempatan untuk guru honorer di sekolah negeri hanya di tahap 1 bagi yang sekolahnya punya formasi. Bagi yang enggak punya formasi hanya ikut memperpanjang barisan," tuturnya.

Dia berharap di tahun depan pemerintah memikirkan guru honorer yang ada di sekolah negeri. Mereka bukan tidak mau punya serdik, tetapi regulasi yang tidak mendukungnya.

Senada itu Ketua Forum Honorer K2 DKI Jakarta Nur Baitih mengaku sedih menerima telepon dan WhatsApp dari guru honorer yang tidak lolos formasi PPPK untuk kedua kalinya. Mereka mulai down bila harus ikut tes lagi dan sistemnya tidak diubah.

"Apa pemerintah mendengarkan jeritan hati guru-guru honorer ini. Jangan tes lagi mereka, berikan formasi di tahap 3," tegasnya.

Nur Baitih berharap pemerintah bisa memberikan diskresi bagi guru honorer K2 yang lulus passing grade PPPK tahap 1 dan 2, untuk optimalisasi seleksi tahap 3. (esy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler