Detik-Detik Kecelakaan Maut yang Menewaskan Wakapolsek, 2 Mobil Adu Banteng, Innalillahi

Senin, 13 November 2023 – 07:51 WIB
Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa'i. ANTARA/Firman.

jpnn.com, BANJARMASIN - Wakapolsek Pulau Laut Timur, Kotabaru, Ipda Abu Hamzah tewas dalam kecelakaan maut pada Sabtu (11/11) sore.

Kecelakaan lalu lintas yang merenggut nyawa perwira polisi itu terjadi di Jalan Ahmad Yani Desa Muara Kintap, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut.

BACA JUGA: Wakapolsek Tewas dalam Kecelakaan Maut, Polda Kalsel Berduka

Ucapan duka cita dari Polres Kotabaru atas meninggalnya Wakapolsek Pulau Laut Timur Ipda Abu Hamzah pada kecelakaan maut di Jalan Ahmad Yani  Desa Muara Kintap. (ANTARA/Firman)

Kabid Humas Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) Mochamad Rifa'i menjelaskan  kawasan di Kecamatan Kintap memang dikenal sebagai jalur cepat lalu lintas kendaraan dari arah Banjarmasin menuju Tanah Bumbu dan sebaliknya.

BACA JUGA: Ternyata Ini Penyebab Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Lama Terungkap, Oalah

Selain mobil pribadi, jalur itu banyak dilintasi angkutan umum termasuk travel yang kerap mengemudikan kendaraannya dengan kecepatan tinggi.

Saat kecelakaan terjadi, Ipda Abu menumpangi travel minibus Daihatsu Sigra dengan nomor polisi DA 1585 GH dari arah Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu menuju Pelaihari, Tanah Laut.

BACA JUGA: Hasto Ungkap Pertemuan Megawati - Jokowi di Istana, Keluarnya Happy Semua, Klir!

Travel rute Kotabaru ke Banjarmasin yang dikemudikan Haris Padilah (23) itu juga ditumpangi tiga orang lain.

Dari laporan Satuan Lalu Lintas Polres Tanah Laut menyebut kecelakaan terjadi akibat mobil yang ditumpangi Ipda Abu bertabrakan dengan minibus Toyota Avanza nopol DA 1628 LL.

Avanza itu dikemudikan Muhammad Arapik (18) dan membawa dua penumpang Karyati dan Teguh Tri Santoso.

"Mobil Toyota Avanza ini dari arah Pelaihari menuju Batulicin, jadi, adu banteng antara keduanya," ucap Rifa'i di Banjarmasin, Minggu (12/11).

Sebelum kecelakaan terjadi, sebuah mobil Avanza mencoba mendahului mobil di depannya. Namun, dari arah berlawanan ada mobil Sigra yang ditumpangi Ipda Abu.

Akibatnya, tabrakan pun tidak dapat dihindari lantaran pengemudi kedua mobil sama-sama dalam kecepatan tinggi.

Kombes Rifa'i mengatakan dalam kecelakaan maut itu hanya Abu Hamzah yang meninggal dunia.

Penumpang lain yang mengalami luka ringan dan luka berat dibawa ke RSUD KH Mansyur di Desa Kintap.

"Untuk almarhum sudah dimakamkan di kampung halamannya di Pagatan, Kecamatan Kusah Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu dengan upacara pemakaman dipimpin Kapolres Kotabaru AKBP Tri Suhartanto," ujar Rifa'i.

Polda Kalsel  berduka atas kematian Wakapolsek Pulau Laut Timur Ipda Abu Hamzah itu.

"Polda Kalsel berduka atas meninggalnya almarhum Ipda Abu Hamzah dalam kasus kecelakaan lalu lintas kemarin," kata Kombes Rifa'i.

Dia pun mewanti-wanti para pengendara di wilayah Kalsel, termasuk angkutan umum agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

"Kami ingatkan terus agar pengemudi bisa lebih berhati-hati lagi dan pastinya tetap menaati rambu-rambu dan aturan lalu lintas," ujarnya.

Profil Ipda Abu Hamzah

Perwira Polri Ipda Abu Hamzah yang tewas dalam kecelakaan merupakan lulusan Pendidikan Bintara Polri gelombang II tahun 2006 di SPN Polda Kalsel di Banjarbaru.

Setelah menyelesaikan pendidikan, almarhum lama bertugas di Direktorat Intelkam Polda Kalsel.

Almarhum lantas melanjutkan pendidikan di Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan 50 tahun 2021, di Lembaga Pendidikan Polri (Setukpa Lemdikpol) Sukabumi.

Setelah berpangkat perwira, dia mendapatkan penempatan di Polres Kotabaru sebagai Wakapolsek Pulau Laut Timur.(Antara/JPNN.com)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler