Detik-detik Penangkapan Perampok yang Menembak Mati Mbak Leli Agustin, Diwarnai Aksi Baku Tembak

Senin, 31 Januari 2022 – 05:34 WIB
Polda Lampung menggelar ekspos kasus terkait penangkapan perampok yang telah menembak mati karyawati BRILink Leli Agustin (20) di Lampung Timur yang terjadi beberapa waktu lalu. Minggu (30/1). Foto: ANTARA/Ho

jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Lampung Kombes Reynold Elisa Partomuan Hutagalung mengungkapkan detik-detik penangkapan perampok yang telah menembak mati karyawati BRILink Leli Agustin (20).

Kombes Reynold membeberkan tersangka AD (33) ditangkap saat mengkonsumsi narkoba jenis sabu-sabu bersama tiga rekannya di Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan.

BACA JUGA: Mbak Leli Agustin Tewas Ditembak Perampok, Rektor UNU Lampung Berduka

"Anggota menangkap tersangka saat sedang menggunakan sabu-sabu bersama tiga rekannya," kata Kombes Reynold di Bandarlampung, Minggu (30/1).

Eks Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok itu menyebutkan tiga rekan tersangka tersebut berinisial F, R, dan B.

BACA JUGA: Mbak Leli Agustin Tewas Ditembak Perampok, Polisi Langsung Lakukan Ini

Salah satu rekan tersangka, yakni R turut membantu pelaku penembakan menghilangkan barang bukti dengan mengecat sepeda motor yang digunakan dalam melakukan aksinya.

Tersangka R sempat mengecat sepeda motor yang dibawa tersangka dengan tujuan agar tidak terdeteksi.

BACA JUGA: Jejaknya Terlacak di RSKO, Polisi Bergerak, Pelaku Pemerasan Pura-pura Pincang Akhirnya Ditangkap

"Kendaraan yang dibawa tersangka tadinya berwarna merah dan telah dicat oleh R berwarna hitam," beber lulusan Akademi Kepolisian 2000 itu.

Kombes Reynold juga mengungkapkan tersangka R ikut dibawa untuk pengembangan kasus perampokan yang menewaskan Leli Agustin.

Tersangka F dan B diserahkan ke Polres OKU Timur terkait penggunaan sabu-sabu.

Mantan Wadirreskrimum Polda Metro Jaya itu menambahkan tersangka penembakan karyawati BRI Link AD merupakan seorang residivis.

Tersangka AD pada 2016 maupun 2018 pernah melakukan pencurian sepeda motor di wilayah hukum Polda Sumsel.

"Bahkan pada tahun 2020 tersangka juga melakukan pencurian dengan kekerasan di minimarket Jawa Tengah dan menjalani hukuman di Lapas Kendal," ungkap Kombes Reynold.

BACA JUGA: Pernyataan Menyejukkan dari Sultan Ternate soal Bentrokan Berdarah di Pulau Haruku

Pada tahun lalu, AD kabur dari Lapas Kendal dan sebenarnya masih dalam pencarian.

Pada 2022 ini, tersangka telah melakukan aksinya sebanyak tiga kasus, di antaranya AD melakukan aksi pencurian dengan kekerasan di Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan dengan korban luka berat akibat ditembak.

Selain itu, AD juga terlibat pencurian sepeda motor hingga korban meninggal dunia akibat ditembak.

BACA JUGA: Membandingkan Kasus Penendang Sesajen dengan Edy Mulyadi, Senator Kaltim Sentil Polisi

"Yang terakhir pencurian dengan kekerasan yang terjadi di BRILink Lampung Timur," bebernya.

Sebelumnya, tim gabungan Polres Lampung Timur, Lampung Tengah, dan Metro dibackup Ditreskrimum Polda Lampung menangkap AD alias Rian (33).

AD merupakan perampok yang telah menembak mati karyawati BRILink Leli Agustin (20) di Desa Tambah Subur, Kecamatan Way Bungur, Kabupaten Lampung Timur pada Sabtu (29/1).

Penangkapan terhadap tersangka tersebut berdasarkan beberapa barang bukti berupa sandal jepit sebelah kanan dan helm yang ditemukan polisi saat berada di Desa Ombo, Lampung Timur.

Polisi juga menemukan plastik bekas tersangka meminum es kelapa muda usai melakukan aksi penembakan terhadap Leli Agustin hingga akhirnya berhasil menemukan rumah tersangka yang berada di OKU Timur, Sumatera Selatan.

Pada proses penangkapan terhadap tersangka sempat terjadi baku tembak antara anggota kepolisian dan tersangka.

Anggota kepolisian sempat memberikan peringatan namun tidak diindahkan sehingga anggota mengambil tindakan tegas dan terukur. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler