Detik-detik Pensiunan Polisi Selamat dari Aksi Perampokan Sadis Bersajam

Jumat, 13 Desember 2019 – 22:42 WIB
Mobil (kanan) Ipda (purn) R Togatorop mengalami kerusakan, tersangka (kiri) HS alias Riko. Foto: ILYAS EFFENDY/ SUMUT POS

jpnn.com, TANJUNGMORAWA - Seorang pensiunan polisi Ipda (purn) R Togatorop selamat dari aksi perampokan sadis di Jalan Umum Amal Bakti Desa Pasar V Kebun Kelapa Kecamatan Beringin, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (12/12).

Pelakunya berinisial HS alias Riko, 33, warga Desa Simpang Kopi Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batubara telah ditangkap berkat kesigapan korban dan warga setempat.

BACA JUGA: Polisi Ungkap Penyebab Kematian Pelaku Perampokan SPBU Simpang Tais

Informasi diperoleh, HS alias Riko ini baru tiba dari Tebing Tinggi dengan menumpang bus KUPJ dan turun di Simpang Kayu Besar Kecamatan Tanjung Morawa.

Riko berdiri di tepi jalan seperti seorang penumpang menunggu angkot. Tak lama kemudian, korban yang sejak pensiun memiliki usaha mobil rental ini melintas dengan mobil Toyota Avanza hitam BK 1747 BI.

BACA JUGA: Ular Piton Raksasa Ini Mangsa Tiga Ekor Kambing Sekaligus, nih Lihat Fotonya

Korban berhenti karena dipanggil Riko yang saat awal terlihat seperti calon penumpang. Riko minta diantar ke salah satu hotel di kawasan Aras Kabu Kecamatan Beringin. Harga ongkos disepakati Rp60 ribu.

Karena korban kurang memahami arah jalan menuju lokasi hotel, Riko diduga malah mengalihkan arah ke jalan lain.

BACA JUGA: Muhamad Irawan Unggah Status Mencurigakan, Keluarga Korban Pembunuhan Mahasiswi Unib Lapor Polisi

Tiba di Jalan Umum Dusun Amal Bakti Desa Pasar V Kebun Kelapa Kecamatan Beringin yang saat itu sepi, Riko tiba-tiba mengayunkan pisau ke arah tubuh korban dan mengenai dada sebelah kiri.

Namun, korban sempat menangkis dengan tangan kirinya sehingga dadanya luka gores. Tak hanya itu, Riko mencoba menguasai setir kemudi yang saat itu dikemudikan korban.

Akibat tarik menarik antara korban dan pelaku, mobil tak terkendali langsung menabrak pohon sawit yang ada ditepi jalan.

Melihat situasi seperti itu membuat Riko panik dan membatalkan rencananya mengambil mobil korban. Dirinya langsung melarikan diri ke arah perladangan warga.

Korban yang masih punya naluri kepolisian itu langsung berteriak maling hingga mengundang perhatian warga sekitar lokasi kejadian. Riko berhasil diamankan warga dan membawanya ke Polsek Beringin guna mempertanggungjawabkan perbuatannya secara hukum.

Saat ditemui di Polsek Beringin, Ipda (purn) R Togatorop mengatakan sangat terkejut saat dirinya tiba-tiba diserang dengan pisau.

“Aku melawan tetapi jadi mobilku yang rusak parah karena menabrak pohon. Kukira dia tadi penumpang, rupanya mau merampok,” katanya.

Sementara itu, H S alias Riko mengaku terpaksa merampok karena terlilit utang. Riko menyesal dan sempat menyampaikan permintaan maafnya buat korban.

“Aku terpaksa karena terlilit hutang. Rencana itu tiba-tiba saja. Kalau berhasil aku rencananya mau bayar utang”, katanya.

Terpisah, Kapolsek Beringin AKP MK Lumbantobing mengatakan jika HS alias Riko masih dalam pemeriksaan penyidik atas laporan Ipda (purn) R Togatorop.

BACA JUGA: Bangkai Babi Dibuang Sembarangan di Jalan, Warga Minta Pak Bupati Mengangkatnya

Polisi menyita tas pelaku dan ditemukan satu pistol mainan, obeng mini dan dua unit ponsel merek Samsung hitam. “Saat ini masih diperiksa penyidik”, kata Krisman. (btr)


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler