Dewan Usul Mandala Diselamatkan Investor Lokal

Jumat, 14 Januari 2011 – 07:55 WIB
Ratusan calon penumpang Maskapai penerbangan Mandala Airlines saling dorong dan berteriak meminta pengembalian uang tiket (refund) di kantor Mandala Airlines, Jalan Tomang Raya, Jakarta Barat kemarin (13/1). Aksi dorong yang mewarnai dalam pengambilan tiket antrian untuk menyerahkan formulir pengembalian tiket dibantu aparat kepolisian. Pihak managemen menyampaikan bahwa kepastian pengembalian tiket penerbangan akan dilakukan setelah 7 hari penyerahan formulir. Foto: Fery Pradolo/INDOPOS

RONTOKNYA Mandala sebagai salah satu maskapai penerbangan nasional, disayangkan oleh DPR RIAnggota Komisi V dari Fraksi PKS Yudi Widiana Adia mengusulkan agar Mandala bisa diselamatkan melalui tangan investor lokal

BACA JUGA: Konter Mandala Diserbu Penumpang

"Sebaiknya ada pemerintah daerah yang mau andil menyelamatkan Mandala," kata Yudi kepada wartawan di Jakarta, kemarin (13/1).

Menurut Yudi, kegagalan Mandala untuk mendapatkan investor baru cukup mengejutkan
Sebagai anggota dewan yang mengawasi bidang transportasi, Mandala memiliki kinerja yang bagus

BACA JUGA: PLN Kesulitan Capai Kesepakatan Harga Batubara

Dari segi kualitas pesawat, maskapai yang sebagian sahamnya dimiliki oleh Cardig (Indonesia) dan Indigo (Eropa) itu memiliki pesawat yang modern
"Mandala memiliki Airbus A319 dan A320, seharusnya mampu bersaing," kata Yudi.

Indikator lain, adalah kualitas penerbangan nasional yang tengah tumbuh pesat

BACA JUGA: Wellcomm Target 100 Ribu Unit Setahun

Jumlah penumpang pesawat rute nasional saat ini terus tumbuh setiap tahunKapasitas Mandala sendiri sudah mendapatkan pengakuanDiantaranya, sertifikat keselamatan IATA atau IATA Operating Safety Audit (IOSA) selain Garuda Indonesia.

Karena itu, Yudi menilai ada kesalahan dalam fungsi pengawasan dan pembinaan pemerintah kepada Mandala"Jika tidak ada yang salah, mengapa berhentinya operasi penerbangan Mandala begitu mendadakSeharusnya early warning system (peringatan dini) berfungsi dengan baik," sebutnya.

Perlunya investor dari pemerintah daerah untuk menyelamatkan Mandala, kata Yudi, memiliki alasan kuatSelama ini, Mandala adalah salah satu maskapai perintis yang banyak melayani rute-rute di berbagai daerah di tanah air"Mandala seharusnya bisa diselamatkan, pemerintah daerah harus ikut andil," harapnya.

Seperti apa caranya? Yudi menyatakan, pemerintah daerah bisa menjadi investor saat Mandala sudah direstruktrisasi nantinyaDengan suntikan dana dari daerah, Mandala bisa hidup menjadi milik daerah"Hal ini juga mencegah beralihnya kepemilikan Mandala ke pihak asing," jelasnya.

Yudi juga mendesak Kementerian Perhubungan bersikap proaktif untuk ikut menyelamatkan maskapai penerbangan yang juga punya nilai sejarah ituKementerian Perhubungan bisa menjadi fasiltator yang baik untuk menjaring investasi dari berbagai daerah"Keberadaan maskapai yang mau melayani rute-rute ke daerah yang bisa dikatakan bukan rute gemuk, tapi sangat penting bagi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah," tandasnya(bay)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Semen Gresik Kebut Bangun Pabrik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler