Dewas KPK Bakal Panggil dan Putuskan Nasib Firli Bahuri Hari Ini

Jumat, 08 Desember 2023 – 09:52 WIB
Firli Bahuri. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap Firli Bahuri pada Jumat (8/12).

Ketua KPK itu juga akan ditentukan nasibnya oleh Dewas.

BACA JUGA: Firli Bahuri jadi Tersangka Pemerasan, Kok, Belum Juga Ditahan?

"Rencananya Jumat pagi ini, Dewas melakukan pemeriksaan penduhuluan atas dugaan pelanggaran etik Pak FB," kata Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris saat dikonfirmasi.

Syamsuddin Haris mengatakan pemeriksaan terhadap Firli tidak akan diekspose ke luar.

BACA JUGA: Firli Bahuri Mengaku Batuk Berat Ketika Diperiksa Penyidik Bareskrim

"Dalam pemeriksaan pendahuluan oleh Dewas secara tertutup tersebut akan diputuskan apakah kasus FB lanjut ke sidang etik atau tidak," jelas dia.

Firli Bahuri dilaporkan ke Dewas KPK karena beredar foto yang menampilkan dirinya bersama Syahrul Yasin Limpo di sebuah lapangan olahraga.

BACA JUGA: Eks Penyidik KPK: Penahanan Firli akan Jadi Kado Terindah Peringatan Harkodia

Dasar laporan tersebut adalah Peraturan Dewas KPK Nomor 3 Tahun 2021 yang berisi larangan bagi setiap insan KPK untuk bertemu dengan pihak berperkara di lembaga antirasuah tersebut.

Firli sebelumnya telah memberikan pernyataan bahwa fotonya bersama Syahrul Yasin Limpo saat itu diambil sebelum mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu berperkara di KPK.

"Pertemuan di lapangan bulu tangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu Syahrul Yasin Limpo, terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya sekitar pada tanggal 2 Maret 2022; dan itu pun beramai-ramai di tempat terbuka," kata Firli dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (9/10).

Firli kemudian mengungkapkan bahwa perkara di Kementerian Pertanian mulai masuk ke tahap penyelidikan KPK sekitar Januari 2023.

"Maka dalam waktu tersebut, status Saudara Syahrul Yasin Limpo bukan tersangka, terdakwa, terpidana, atau pihak yang berperkara di KPK," ujar Firli.

Firli menegaskan bahwa pertemuan tersebut bukan atas undangan atau inisiatif dirinya, sebagaimana dituduhkan oleh sejumlah pihak. (Tan/antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Diperiksa Dewas 2 Jam, Firli Bahuri Irit Bicara


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
KPK   Firli Bahuri   Firli   Dewas KPK  

Terpopuler