Di Hadapan Mahasiswa, Bea Cukai Bahas Perdagangan Internasional

Senin, 10 Juni 2024 – 18:59 WIB
Bea Cukai memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Padang dan Universitas Bojonegoro. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai melalui unit vertikalnya yakni Bea Cukai Teluk Bayur dan Bojonegoro memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Padang dan Universitas Bojonegoro.

Kegiatan itu dilakukan untuk menambah pengetahuan para mahasiswa akan pentingnya perdagangan internasional bagi Indonesia.

BACA JUGA: Bea Cukai dan BNNP DKI Jakarta Gelar Pemusnahan Narkotika

Diketahui, Perdagangan internasional adalah salah satu pilar penting perekonomian Indonesia karena dapat menjadi sumber pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar mengatakan pihaknya memiliki peran krusial dalam menjaga kelancaran perdagangan internasional Indonesia.

BACA JUGA: Bea Cukai Edukasi Calon PMI dalam Orientasi Pra-Pemberangkatan

Melalui pelaksanaan tugas dan fungsinya, yakni trade facilitator dan industrial assistance, instansi ini beperan besar dalam mendukung keberlangsungan bisnis perdagangan internasional.

"Peranan inilah yang patut diketahui para mahasiswa, agar dapat mendukung kinerja Bea Cukai dan menyebarluaskan pemahaman akan aturan kepabeanan dan cukai di tengah masyarakat," ujar Encep.

BACA JUGA: Top, Bea Cukai Gagalkan 2 Penyelundupan Rokok Ilegal di Perairan Aceh

Dia menyebutkan, di Universitas Negeri Padang, petugas Bea Cukai Teluk Bayur berkesempatan mengisi acara pelatihan mahasiswa dan kuliah umum bertajuk "Sosialisasi dan Kompetensi Ekspor, Impor, dan Pajak" pada Senin (3/6).

Para mahasiswa mendapatkan materi mengenai pelaku perdagangan internasional, alur ekspor dan impor, serta prosedur kepabeanan yang berlaku.

"Untuk masuk ke ranah perdagangan internasional, kita harus memahami terlebih dahulu alur ekspor impor dan jenis-jenis dokumen yang dibutuhkan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai kepabeanan dan cukai, khususnya alur ekspor dan impor, serta membekali mahasiswa ketika akan terjun ke bisnis perdagangan internasional," kata Encep.

Selain Bea Cukai Teluk Bayur, kantor pelayanan Bea Cukai lainnya yang mengisi kuliah umum tentang perdagangan internasional ialah Bea Cukai Bojonegoro.

Kantor pelayanan ini mendapat undangan dari Universitas Bojonegoro untuk mengisi kuliah praktisi pada mata kuliah Hukum Perdagangan Internasional dengan membawakan materi perdagangan internasional.

Encep mengatakan, petugas Bea Cukai Bojonegoro dalam paparannya pada kegiatan tersebut menyampaikan sekilas tentang tugas dan fungsi Bea Cukai dan pengenalan konsep dasar tentang kepabeanan dan cukai.

Tak luput, para mahasiswa juga diedukasi dan diberikan gambaran terkait isu-isu terkini yang berkembang, terutama perihal importasi, baik melalui barang kiriman maupun barang bawaan penumpang dari luar negeri.

"Para mahasiswa perlu memahami bahwa perdagangan internasional ialah elemen penting dari proses globalisasi. Membuka perdagangan dengan berbagai negara di dunia akan memberikan keuntungan dan membawa pertumbuhan ekonomi untuk Indonesia. Untuk itu, Bea Cukai berkomitmen untuk melaksanakan tugas trade facilitator-nya dengan baik agar dapat meminimalisasi setiap hambatan yang mendistorsi perdagangan internasional Indonesia, juga mengukuhkan tugas industrial assistance agar tingkat investasi dalam negeri semakin meningkat dan dapat menunjang perekonomian nasional," tutup Encep. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bea Cukai Cikarang Musnahkan 4,4 Juta Rokok Ilegal Senilai Rp 2,1 Miliar, Tuh Lihat!


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler