Di Majalengka, Ganjar Disambut Musik Genteng dan Ratusan Pemuda

Sabtu, 23 Desember 2023 – 17:22 WIB
Calon Presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo disambut instrumen musik dari genteng atau keramik secara massal di halaman Hotel Fieris Kecamatan Kertajati, Majalengka, Sabtu (23/12). Foto: Tim GP

jpnn.com, MAJALENGKA - Calon Presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo disambut instrumen musik dari genteng atau keramik secara massal di halaman Hotel Fieris Kecamatan Kertajati, Majalengka, Sabtu (23/12).

Ganjar juga disambut ratusan kaum milenial dan generasi Z Majalengka, Jawa Barat.

BACA JUGA: Deddy TPN Ganjar-Mahfud Tuding Gibran Curi Narasi untuk Debat Cawapres

Suara ketukan ratusan genteng yang dipukul menggunakan stik drum mengiringi langkah Ganjar menuju panggung utama. Kemeriahan bertambah ketika politikus berambut putih itu juga memainkan musik genteng mengikuti irama.

Musik genteng yang diinisiasi seniman muda Majalengka yang tergabung dalam Jatiwangi Art Factory. Mereka sebenarnya sudah mendunia dengan gelaran Festival Musik Keramik yang diadakan tiap tiga tahun sekali.

BACA JUGA: Dipalak Bajak Laut, Nelayan Indramayu Curhat kepada Ganjar Pranowo

Anggota Jatiwangi Art Factory Herlin Nabila mengatakan biasanya musik ini ditampilkan tiga tahun sekali dalam festival. Namun, kali ini disuguhkan kepada Ganjar secara spesial. Selain dari anggota, pertunjukan kali ini diikuti ratusan orang dan tampil spontan.

"Iya, ini spesial buat Pak Ganjar yang sudah datang ke Majalengka. Tadi ada sekitar 200-an genteng yang dimainkan," katanya.

BACA JUGA: Kunjungi Indramayu, Ganjar Langsung Menyarap Sega Lengko Ibu Tiri

Sebenarnya bukan hanya genteng dipukul, irama yang diciptakan juga menggunakan alat musik seperti bass, gendang dan gitar. Namun, alat-alat itu sudah dimodifikasi memakai bahan baku tanah seperti halnya genteng.

"Rasanya senang sekali dan menjadi kebanggaan bagi kami bisa tampil untuk Pak Ganjar juga ikut bermain. Ya, tadi ada lagu Doa Tanah," tuturnya.

Dia berharap mantan Gubernur Jawa Tengah itu nantinya terus memberikan dukungan kepada seniman-seniman yang ada di Indonesia.

"Harapannya terus support kepada seniman agar seniman bisa eksis berkarya dan bisa diapresiasi dan mendunia," harapnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo merasa bahagia karena sambutan yang luar biasa itu.

"Ini mungkin sambutan yang paling meriah bagi saya. Anak-anak muda dengan karya yang unik dan hanya satu-satunya ada di sini," ujarnya.

Menurutnya, keberadaan seniman dengan segala karyanya patut mendapat apresiasi dan dukungan dari pemerintah.

"Pemerintah harus hadir memberikan dukungan bagi seniman terutama anak-anak muda untuk terus berkarya secara positif," tandasnya.

Seusai acara, Ganjar menyerahkan sebuah genteng yang dimainkan kepada seorang warga sebagai simbol keberlanjutan program pembangunan. (Jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Debat Cawapres, TPD DKI Makin Yakin Ganjar-Mahfud Layak Jadi Pemimpin Indonesia


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Ganjar   majalengka   Musik   genteng  

Terpopuler