Di Sumsel, Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Ternyata Karena Ini

Senin, 28 Maret 2022 – 22:39 WIB
Prabowo mengantongi elektabilitas 34,4 persen pemilih di provinsi beribu kota Palembang tersebut. Ilustrasi - Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi sosok dengan elektabilitas tinggi untuk wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) mengacu temuan teranyar Lembaga Survei Indonesia (LSI). 

Prabowo dalam penghitungan simulasi semi terbuka atau ayak nama mengantongi elektabilitas 34,4 persen pemilih di provinsi beribu kota Palembang tersebut. 

BACA JUGA: Ternyata Ini Penyebab Elektabilitas Partai Gerindra Meningkat

"Prabowo Subianto masih menjadi pilihan utama masyarakat Sumatera Selatan dalam kontestasi pemilihan presiden yang akan berlangsung pada 2024 mendatang, " kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam keterangan persnya, Senin (28/3). 

Setelah Prabowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menempati posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 15,5 persen.

BACA JUGA: Di Hadapan Wapres, Ganjar Pamer Angka Stunting Jateng Terendah se-Indonesia

Berikutnya, elektabilitas tertinggi ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 10,9 persen, Manparekraf Sandiaga Uno 5,7 persen, dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 4,1 persen. 

Kemudian, nama lain lebih rendah kurang dari 4,1 persen. Sisanya belum menjawab 10,2 persen. 

BACA JUGA: Duel Maut Kemis vs Manto di Pasar, Pakai Sajam, Satu Orang Tak Bernapas Lagi

Elektabilitas Prabowo juga masih tinggi ketika LSI menggelar penghitungan menggunakan metode simulasi tertutup, yaitu lima nama.

Nama Prabowo tetap paling banyak dipilih dengan elektabilitas sebanyak 42,6 persen. Angka itu jauh mengungguli elektabilitas Anies yang tercatat 20,3 persen. 

Berturut-turut setelah itu, elektabilitas tertinggi ditempati oleh Ganjar dengan 15,9 persen, Sandiaga dengan 10,2 persen, dan Airlangga Hartarto 0, 9 persen. Sebanyak 10,1 persen diketahui belum menjawab. 

"Selanjutnya dalam simulasi tertutup tiga nama, Prabowo tetap unggul dengan elektabilitas sebanyak 49,1 persen, baru kemudian Anies Baswedan 24 persen, dan Ganjar Pranowo 17,5 persen. Belum menjawab 9,3 persen," beber Djayadi.

Menurut Djayadi, responden memilih Prabowo karena dinilai sosok yang tegas dan berwibawa. 

Selain itu, Prabowo dianggap sosok yang paling popular dengan tingkat kesukaan yang mencapai 79,6 persen. 

"Tingginya tingkat Keterpilihan Prabowo di Sumsel tidak terlepas kinerja dari DPD Gerindra Sumsel," ujar Djayadi.

Ketua DPD Gerindra Provinsi Sumsel Kartika Sandra Desi (Cici) mengintruksikan kepada kader parpolnya terus menyosialisasikan Prabowo kepada masyarakat Sumsel.

“Kami tidak lelah untuk terus berjuang memenang Pak prabowo di Sumsel,” kata Cici yang juga Wakil Ketua DPRD Sumsel itu.

Temuan LSI dilaksanakan pada 27 Februari sampai 5 Maret 2022 dengan melibatkan 820. 

LSI menggelar survei dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error) ± 3,5 persen. (ast/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Diikuti Ganjar, Ahok Posisi Keenam


Redaktur : Elvi Robia
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler