Dianggap Simulasi Hadapi Malaysia

Rabu, 30 Oktober 2013 – 08:54 WIB

jpnn.com - SLEMAN - Timnas U-23 memulai rangkaian uji coba internasional setelah menjalani pemusatan latihan dengan menghadapi Timor Leste di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jogjakarta, malam nanti. Pelatih tim yang diproyeksikan buat SEA Games 2013 itu, Rahmad Darmawan, memastikan bakal ada sedikit perubahan dalam strategi timnya.

Perubahan itu memang harus dilakukan menyusul buruknya kinerja lini depan Garuda Muda sejauh ini. Dalam dua uji coba terakhir, melawan PSS Sleman (menang 1-0) dan Persibat Batang (kalah 1-2), kelemahan di lini penggedor Garuda Muda sangat kentara. Penyelesaian akhir buruk, serangan kurang variasi. Walhasil, gedoran hanya mengandalkan kelebihan teknik individu.

BACA JUGA: Voli Putra Belum Jos

"Tidak akan ada perubahan formasi, 4-2-3-1. Atau, bisa juga 4-3-3. Hanya strategi yang nanti berbeda. Kami ingin pemain lebih disiplin dan tidak timpang saat menyerang ataupun bertahan," ucapnya.

Mengenai sang calon lawan, Rahmad menganggap Timor Leste memiliki permainan setara juara bertahan Malaysia dan tim kuat lain, Thailand. Sebab, menurut dia, skuad Timor Leste yang dibawa ke Sleman bukanlah tim U-23, tapi timnas senior.

BACA JUGA: Pellegrini Istirahatkan Hart

Karena itu, dia mengaku masih meraba-raba seberapa besar kekuatan negara yang dulunya merupakan provinsi ke-27 Indonesia tersebut. "Di sana, banyak pemain yang dinaturalisasi dari Brasil dan Portugal. Kami tidak tahu seperti apa mereka sekarang. Kami akan memainkan tim seperti ketika menghadapi Malaysia atau Thailand," ujarnya.

Karena itu, strategi yang akan diterapkan Indonesia nanti merupakan simulasi seandainya di SEA Games bertemu Malaysia, Thailand, atau tim kuat lain. Tapi, Rahmad tetap menitikberatkan bagaimana para pemain bisa memainkan bola dengan tenang dan unggul dalam penguasaan bola.

BACA JUGA: Tak Ada Agenda Sidang Persebaya di CAS

Saat ini Rahmad menyebut timnya masuk tahap pemantapan strategi setelah sekian lama melakukan seleksi. Dengan pemain yang ada sekarang, Rahmad ingin melihat kerja sama tim yang rapi. Serta, bisa membangun serangan lebih sabar dan tidak terburu-buru dalam penyelesaian akhir.

Untuk komposisi di lini depan, Rahmad mungkin belum menurunkan pemain baru. Tapi, stok lama yang dipanggil, yakni Yandi Sofyan. Dia ingin mematangkan pemain-pemain yang sebelumnya diplot untuk mengisi lini depan seperti Andik Vermansah.

Sementara itu, timnas Timor Leste sudah tiba di Indonesia Senin lalu (28/10). Dalam daftar pemain yang diserahkan ke panitia, Timor Leste memang menyertakan seorang pemain non U-23, Murilo De Almeida Ribeiro. Tapi, pemain 24 tahun itu belum datang sampai kemarin.

Itu berarti pernyataan Rahmad yang menyebut Timor Leste merupakan tim senior tidak tepat. Pasalnya, di antara 22 pemain yang dibawa pelatih Emerson Dos Santos Alcantara, hampir semua berusia di bawah 23 tahun.

"Kami persiapan enam bulan dan tim ini diproyeksikan ke SEA Games. Meski ini hanya uji coba, kami berharap meraih kemenangan karena ini penting buat perkembangan tim kami," tuturnya dalam jumpa pers kemarin (29/10).

Siapa pemain yang diwaspadai? Berkaca pada kualifikasi Piala Asia U-22 grup E di Pekanbaru pada 2012, Andik dinilai sebagai pemain yang paling menonjol dan membuat pertahanan Timor Leste kalang kabut. "Pemain kami sangat mewaspadai Andik. Dia pemain cepat dan bagus," terang Nicolao Soares, penggawa Timor Leste U-22 yang saat ini menjadi kapten timnas U-23.(aam/c17/ttg)

Perkiraan Pemain

Indonesia (4-2-3-1) : Kurnia Meiga (GK); Alfin Tuasalamony, Andri Ibo, Manahati Lestusen, Diego Michiels; Rizky Pellu, Egi Melgiansyah; Andik Vermansah, Ferinando Pahabol, Oktovianus Maniani; Sunarto

Pelatih: Rahmad Darmawan

Timor Leste (4-4-2) : Emerson Cesario (GK); Adelino Trindade, Wellington Rocha, Ramon De Lima, Raimundo Sarmento; Joao Paulo Da Silva, Paulo Ribeiro , Nicolao Soares, Jose Martins Do Rego; Pedro Henrique Gois, Jose Carlos

Pelatih: Emerson Dos Santos Alcantara

Stadion: Maguwoharjo, Sleman

Tayangan langsung RCTI: Pukul 19.30

Wasit: Mohd. Nafeez Bin Abdul Wahab

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Daftar 23 Pemain Calon Peraih Ballon dOr


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler