Dianugerahi Bintang Mahaputera Adipradana, Bamsoet: Kehormatan Besar Bagi Saya

Kamis, 15 Agustus 2024 – 11:30 WIB
Presiden Joko Widodo menyematkan tanda jasa dan tanda kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana kepada Ketua MPR Bambang Soesatyo dalam sebuah upacara di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo atau akrab disapa Bamsoet memperoleh gelar tanda jasa dan tanda kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (14/8).

Penghargaan tersebut diberikan kepada Bamsoet sebagai wujud penghargaan negara terhadap jasa dan sumbangsih yang telah dilakukan selama menjadi Ketua MPR pada periode 2019-2024.

BACA JUGA: Agus Gumiwang jadi Plt Ketum Golkar, Bamsoet: Pengalamannya Tidak Perlu Diragukan

"Suatu kehormatan besar bagi saya mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana," kata Bamsoet dalam keterangannya, dikutip Kamis (15/8).

Bamsoet menyampaikan mendedikasikan penghargaan yang baru saja diterimanya tersebut kepada segenap keluarga besar serta para pimpinan MPR yang telah bekerja sama selama lima tahun membantunya memimpin MPR.

BACA JUGA: Ketua Fraksi Golkar MPR Kecam Kebijakan BPIP Soal Pelarangan Jilbab Bagi Paskibraka

"Khususnya dalam menjalankan wewenang dan tugas MPR RI sesuai dengan UUD NRI 1945 dan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Bamsoet.

Sebelum mengemban amanah sebagai Ketua MPR periode 2019-2024, Bamsoet dipercaya sebagai Ketua DPR periode 2018-2019, dan Ketua Komisi III DPR periode 2016-2018.

BACA JUGA: MPR Raih Penghargaan Atas Penerapan Sistem Merit dalam Pengisian JPT 2023 dari KASN

Bamsoet sendiri terpilih sebagai wakil rakyat dari Dapil VII Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen di Pemilu 2009.

"Pada tahun 2020 saya juga memperoleh tanda kehormatan Bintang Jasa Utama dari Presiden Jokowi. Penghargaan diberikan sebagai wujud penghargaan negara selama saya menjabat sebagai Ketua DPR pada sisa periode 2017-2019," kata Bamsoet lagi.

Presiden Jokowi pada tahun ini memberikan gelar tanda jasa dan tanda kehormatan kepada 64 orang.

Para penerima anugerah itu berasal dari kalangan menteri, wakil menteri, pejabat lembaga tinggi negara, pejabat pimpinan lembaga pemerintah dan non-kementerian, pejabat TNI dan Polri serta WNI dengan latar belakang profesi dan budayawan.

"Lima pimpinan MPR juga mendapatkan gelar tanda jasa dan tanda kehormatan Republik Indonesia tahun ini," imbuh Bamsoet.

Penghargaan Bintang Mahaputera Nararya diterima Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Lestari Moerdijat, dan Jazilul Fawaid.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR Yandri Susanto mendapatkan penghargaan Bintang Jasa Utama. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler