Dianugerahi Gelar Haji Raden, Yudia Ramli Ternyata Keturunan Keraton Sumedang Larang

Senin, 15 Juli 2024 – 14:30 WIB
Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli (kanan) saat menerima bagan silsilah keluarga Keraton Sumedang Larang. Yudia Ramli ternyata keturunan ke-19 Trah Keraton Sumedang Larang. Foto: Dokumentasi Humas Pemkab Sumedang

jpnn.com, SUMEDANG - Penjabat Bupati Sumedang Yudia Ramli resmi menyandang gelar Haji Raden dari Keraton Sumedang Larang.

Penganugerahan gelar tersebut ditandai dengan penyerahan bagan silsilah keluarga Keraton Sumedang Larang sekaligus penyematan pin trah tanda kehormatan dan pemasangan bendo oleh Sri Radya Keraton Sumedang Laranng H.R.I. Lukman Soemadisoeria di Gedung Sri Manganti, Rabu (10/7).

BACA JUGA: Yudia Ramli dan Nina Agustina Segera Bahas Pengembangan Kawasan Wisata di Bendungan Cipanas

Yudia Ramli mengucapkan terima kasih atas penobatan dirinya sebagai keturunan ke-19 Trah Keraton Sumedang Larang yang merupakan anugerah baginya.

BACA JUGA: Dilantik jadi Pj Bupati Sumedang Gantikan Herman Suryatman, Yudia Ramli Sampaikan Hal Ini

“Terima kasih kepada Keraton Sumedang Larang, khususnya kepada Sri Radya Keraton Sumedang Larang. Jika menurut silsilah ini merupakan tugas kita bersama untuk menjaga silaturahmi di antara kita," kata Yudia Ramli pada 20 Juli nanti genap tiga bulan menjabat sebagai Pj Bupati Sumedang.

Menurut Yudia, dengan gelar tersebut semakin memantapkan dirinya sebagai teladan yang baik untuk kemashalatan umat, khususnya warga masyarakat Kabupaten Sumedang.

BACA JUGA: Profil Yudia Ramli, Plh Kapuspen Kemendagri yang Dilantik jadi Pj Bupati Sumedang

"Karena tugas kita bersama untuk menumbuhkan tatanan kehidupan yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumedang," ujar Yudia.

Dia menegaskan selaku penjabat bupati sekaligus keturunan Keraton Sumedang Larang dirinya akan melakukan sinergitas di dalam melaksanakan program-program pembangunan di daerah ini.

“Pihak keraton siap bersinergi dalam membangun Sumedang," tegasnya.

Dia mengatakan dalam membangun daerah ini tidak bisa hanya dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang sendiri.

"Kita harus bersinergi, berkolaborasi dengan semua pihak yang ada di Kabupaten Sumedang,” tegas Yudia kembali.

Yudia menyampaikan Keraton Sumedang Larang ingin turut membantu Pemkab Sumedang dalam meningkatkan pendapatan asli daerah dengan mengajak anggota keluarga keraton yang telah sukses berkarier untuk berinvestasi di daerah ini.

“Tadi disampaikan oleh Sri Radya, beliau mempunyai saudara-saudara yang telah sukses di berbagai sektor. Tinggal dipanggil beliau untuk berinvesatsi di Kabupaten Sumedang. Alhamdulillah, ini sangat sesuai dengan visi dan misi yang ingin kami capai bagaimana menyejahterakan masyarakat dengan meningkatkan PAD-nya,” terangnya.

Yudia jugamenyampaikan akan melakukan kegiatan penataan dan pemeliharaan lingkungan Keraton Sumedang Larang agar terlihat lebih asri.

"Kami akan melaksanakan pengecatan di keraton ini. Bulan yang lalu kita kerja bakti untuk bersih-bersih di lingkungan keraton. Kita jaga bersama-sama warisan dari leluhur kita ini," ujar Yudia Ramli.

Sementara itu, oleh Sri Radya Keraton Sumedang Laranng H.R.I. Lukman Soemadisoeria dalam sambutannya menyampaikan setelah ditelusuri silsilahnya, Pj Bupati Yudia Ramli ternyata masih masuk trah leluhur dari Sumedang.

“Jadi saya masih bersaudara dengan beliau, Pj Bupati Yudia Ramli. Mari kita bersama-sama bersinergi berjuang dalam meningkatkan PAD di Kabupaten Sumedang ini,” ungkap Sri Radya.

Sri Radya mengatakan dengan penyematan gelar tersebut, maka secara otomatis Pj Bupati Yudia Ramli dinyatakan telah resmi menjadi bagian dari keluarga besar Keraton Sumedang Larang. (mrk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler