Dicurigai Ada Lembaga Survei Manipulasi Data

Kamis, 10 Juli 2014 – 00:42 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Hitung cepat lembaga survei berbeda menyikapi hasil perolehan suara pada pemilihan presiden (Pilpres) yang digelar Rabu (9/7). Ada yang memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa tapi tidak sedikit pula yang mengunggulkan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Menyikapi perbedaan ini, peneliti dari Populis Institute, David Krisna Alka mengatakan bahwa seharusnya lembaga survei yang merilis quick count menghormati moral dan etika. Termasuk kata dia, tidak keluar dari metode penelitian yang sudah digariskan secara ilmiah.

BACA JUGA: Muhaimin Keluarkan Instruksi Agar Kader PKB Jaga Suara Jokowi-JK

“Sebab jika panduan itu dilanggar, maka hasil pilpres sebaik apa pun akan melahirkan konflik, karena ada pihak-pihak yang tidak menerima hasil hitung cepat,” kata peneliti muda David kepada wartawan di Jakarta, Rabu (9/7).

David mengatakan persoalan moral dan etika lembaga survei muncul karena ada stasiun televisi swasta mempublikasikan hitung cepat yang hasilnya bertolak belakang dengan tujuh lembaga survei yang selama ini dinilai punya kredibilitas tinggi. Hasil itu kata dia kemudian dimanfaatkan untuk menyatakan bahwa Prabowo-Hatta memenangi pilpres sambil menunggu pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Juli nanti.

BACA JUGA: Pemerintahan Baru Harus Efisien, Efektif, dan Responsif

Metodologi yang digunakan lembaga survei yang dimaksud diakui David perlu dipertanyakan. Kata dia, boleh jadi metodologi itu dimanipulasi sehingga menghasilkan hasil survei yang mayoritas.  “Inilah yang saya maksud dengan moral dan etika,” katanya.

Kecurigaan David ini sejalan dengan pengakuan Direktur Eksekutif Poltracking, Hanta Yudha yang batal mengisi acara hitung cepat di stasiun televisi swasta tersebut. Ditengarai, pembatalan hasil quick count-nya karena tidak sesuai dengan selera dan keinginan.

BACA JUGA: Ingatkan Jangan Terbelah karena Hitung Cepat

"Diperlakukan seperti itu bagi kami tidak masalah. Saya justru kasihan dengan teman-teman redaksi yang baik-baik dan selama ini akrab dengan saya,” kata Hanta saat diwawancarai Metro TV, Rabu (9/7) malam.

Poltracking mengungkap bahwa hasil hitung cepatnya menunjukkan Jokowi-JK unggul dengan  53,37 persen. Sedangkan Prabowo-Hatta hanya 46,63 persen. (awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Demokrat Pilih Menunggu Perhitungan Suara dari KPU


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler