Pemerintahan Baru Harus Efisien, Efektif, dan Responsif

Rabu, 09 Juli 2014 – 23:40 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintahan yang akan datang diharapkan mampu memperjelas peran, fungsi, dan tugas pokok masing-masing lembaga dan dapat mendorong sinergi antarlembaga dalam rangka mencapai tujuan sesuai konstitusi.

Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Agus Dwiyanto mengungkapkan, pihaknya mendorong pemerintah ke depan menjadi pemerintahan efisien yang efektif dan responsif.

BACA JUGA: Ingatkan Jangan Terbelah karena Hitung Cepat

"Pemerintahan seperti ini hanya dapat terwujud bila mengembangkan struktur kelembagaan yang ideal,” kata Agus Dwiyanto dalam laman LAN, Rabu (9/7).

Ditambahkan Kepala Pusat Kajian Kinerja Kelembagaan LAN Anwar Sanusi, pihaknya telah melakukan kajian tentang arsitektur kelembagaan pemerintah 2014-2019.

BACA JUGA: Demokrat Pilih Menunggu Perhitungan Suara dari KPU

Sebab UU No 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara masih belum bisa menghadirkan suatu potret kelembagaan pusat yang tepat ukuran, tepat fungsi, efisien, dan efektif.

"Jumlah kementerian di Indonesia lebih besar ketimbang negara lain, jumlah kementerian/lembaga di Indonesia mencapai 34, sementara di Tiongkok hanya 23 kementerian, Brasil 24 kementerian, Korea Selatan 17 kementerian, Jepang 11 kementerian, Malaysia 24 kementerian dan Thailand 26 kementerian," bebernya. (esy/jpnn)

BACA JUGA: Tiga Ketua Partai Koalisi Merah-Putih Tumbang di TPS Sendiri

BACA ARTIKEL LAINNYA... Marwan Jafar: Kader PKB Harus Kawal Kemenangan Jokowi-JK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler