Diet Soda dan Kaitannya dengan Karbohidrat

Kamis, 12 Maret 2020 – 10:59 WIB
Minuman bersoda. Foto: AFP

jpnn.com - Minum soda diet bisa menyebabkan sindrom metabolik, campuran buruk tekanan darah tinggi dan gula darah yang mengarah pada kenaikan berat badan dan meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung dan strok.

Tetapi sebuah studi baru menemukan bahwa ketika Anda memasangkan sucralose pemanis buatan umum dengan karbohidrat - bukan pemanis saja, maka metabolisme tubuh berubah dengan cara yang bisa menyebabkan sindrom metabolik.

BACA JUGA: Hindari Minuman Bersoda, Lebih Sehat Minum Air Putih

Secara teoritis, itu berarti Anda bisa menikmati soda diet manis-sucralose tanpa mengubah metabolisme tubuh Anda secara negatif jika Anda meminum dengan sendirinya - selama itu tidak terlalu dekat dengan mengonsumsi karbohidrat, tentu saja.

"Pertanyaan yang kebanyakan orang tanyakan kepada saya adalah, 'Oke, jadi ini berarti saya bisa minum soda diet jika saya meminumnya sendiri, tetapi berapa lama saya harus menunggu?' Kami belum tahu itu," kata penulis studi dan neuropsikolog, Dana Small, yang mengarahkan Pusat Penelitian Diet dan Fisiologi Modern di Universitas Yale, seperti dilansir laman MSN, Rabu (11/3).

BACA JUGA: Berkedok Gudang Minuman Bersoda, Ternyata Oplosan

Pertama, penelitian ini hanya melihat satu pemanis buatan - sucralose. Di seluruh dunia, merek sucralose yang paling umum adalah Splenda, Zerocal, Sukrana, SucraPlus, Candys, Cukren dan Nevella.

Ada lusinan pemanis buatan lainnya yang mungkin memengaruhi metabolisme secara berbeda.

BACA JUGA: Waspadai Bahaya Minuman Bersoda, Ini Penjelasannya

"Hasil ini tidak bisa digeneralisasi untuk semua pemanis karena jenis utama dari pemanis berbeda biasanya dimasukkan ke dalam makanan dan minuman kita (termasuk sucralose, aspartame, sakarin dan Ace-K) dimetabolisme secara berbeda dan karenanya akan memiliki efek kesehatan yang berbeda," kata Sarah Berry, dosen senior ilmu gizi di King's College di London dan tidak terlibat dalam penelitian ini.

Selanjutnya, kita benar-benar tidak makan atau minum pemanis buatan kita sendiri. Mereka dimasukkan ke dalam banyak makanan ringan, permen, dan produk olahan yang kita konsumsi setiap hari.

Inilah bagian yang sangat mengganggu dari penelitian ini: Menggunakan pemindaian otak yang sensitif, para peneliti menemukan bahwa makan karbohidrat dan sukralosa bersama-sama mengubah bagian otak yang mengontrol metabolisme kita dengan cara yang tampaknya bertahan lama.

"Regulator di otak yang mengontrol bagaimana nutrisi dimetabolisme diubah, tidak hanya ketika subyek mengonsumsi minuman, tetapi ketika mereka hanya memiliki hal manis atau asin dan hal yang gurih," jelas Small.

Dengan kata lain, otak dilatih untuk salah mengartikan rasa manis.

"Itu yang penting. Ini menyiratkan bahwa mungkin bukan hanya gula atau karbohidrat selama minuman yang disalahgunakan, tetapi karbohidrat yang mereka konsumsi dalam makanan lain di hari itu juga disalahgunakan," jelas Small.

Hasilnya terjadi begitu cepat - dan sangat dramatis - sehingga satu leg penelitian yang menguji remaja dihentikan karena alasan tidak etis.

"Remaja memiliki masa resistensi insulin alami dan fisiologis, yang bisa mengubah keadaan dan berpotensi memperburuk keadaan bagi mereka," jelas Small.

"Jadi, kami menghentikan studi remaja dan membuka mata kami sendiri dan melihat hasilnya," tambah Small.

Pada saat itu, hanya tiga remaja yang terpapar kombinasi karbohidrat dan pemanis.

"Ketiganya mengalami peningkatan ketidakpekaan insulin," kata Small.

Dua dari mereka berubah dari normal menjadi dalam kisaran pradiabetik dalam dua minggu itu, menunjukkan bahwa efeknya lebih terasa pada masa remaja.

Masih banyak penelitian yang perlu dilakukan, tetapi ingat, pecinta soda - ada kemungkinan yang sangat nyata bahwa secercah cahaya dalam kegelapan akan hilang.

"Penelitian ini mendukung temuan sebelumnya yang menyarankan agar kita tidak melihat minuman diet sebagai alternatif yang sehat untuk minuman manis gula," kata Berry.

Diambil bersama-sama dengan bukti untuk mendukung efek buruk gula pada kesehatan, kita harus menghindari konsumsi berlebihan dari minuman dan makanan manis yang kaya gula dan buatan.

Karena itu, kita tidak boleh mengganti minuman diet untuk minuman penuh gula, tetapi harus mendorong konsumsi air.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler