Diguyur Hujan, Jakarta Dikepung 49 Titik Genangan

Senin, 09 Februari 2015 – 08:39 WIB
Diguyur hujan, Jakarta dikepung 49 titik genangan, Senin (9/2) pagi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan ada 49 titik genangan di Jakarta imbas hujan yang mengguyur ibu kota pagi ini, Senin (9/2). 

"Hingga pukul 06.00 WIB,  berdasarkan data sementara dari Pusdalops BPBD DKI Jakarta ada 49 titik genangan di Jakarta yaitu di antaranya 22 titik di Jakarta Pusat, 18 di Jakarta Barat, 4 di Jakarta Timur dan 2 di Jakarta Selatan," kata Sutopo kepada wartawan, Senin (9/2).

BACA JUGA: Petugas Keamanan Bandara Soetta Bekuk Pemalsu Identitas

Tinggi genangan, sambung Sutopo, bervariatif antara 10-80 cm. Ia mencontohkan di Jalan MH Thamrin dan Medan Merdeka Barat masih tergenang banjir 10-50 cm.

"Daerah yang terendam banjir paling tinggi ada di Jalan Batu Ceper Raya 60-80 cm," ujar Sutopo.

BACA JUGA: Sistem Smart City pun Macet

Sutopo menjelaskan titik genangan itu timbul akibat drainase perkotaan yang kurang mampu mengalirkan air permukaan ke sungai. Selain itu, banyak masalah terkait drainase seperti kecilnya kapasitas, sedimentasi, tertutup sampah, dan lainnya.

Sutopo mengimbau masyarakat untuk selalu waspada. Sebab, masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang sampai lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Jabodetabek.

BACA JUGA: TNI Sukses Jinakkan Bom di TMII

"Hati-hati melintasi daerah banjir. Matikan listrik di rumah jika tergenang," imbau Sutopo. (gil/jpnn)‎

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemkot Bekasi Ancam Minimarket


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler