Dihukum 500 Tahun, Mantan Kepala Intelijen Chili Meninggal di Usia 86 Tahun

Minggu, 09 Agustus 2015 – 04:15 WIB
Gen Contreras dijatuhi hukuman 500 tahun penjara karena pelanggaran hak asasi manusia. Foto: Reuters

jpnn.com - CHILI - Manuel Contreras mantan bos intelijen Chili, DINA, selama pemerintahan Augusto Pinochet pada 1970an dan 80an telah meninggal dunia di sebuah rumah sakit militer di ibukota, Santiago, Sabtu (8/8).

Gen Contreras sapaan akrabnya meninggal dunia di usia 86 tahun. Dokter sebelumnya menghentikan semua pengobatan untuk Gen Contreras. Dia telah dijatuhi hukuman 500 tahun penjara karena pelanggaran hak asasi manusia.

BACA JUGA: Brakkk... Mobil Terseret Kereta Api Hingga Ratusan Meter, Tiga Pengendara Tewas

Keluarga korban mengatakan DINA berada di balik lebih dari setengah kasus pembunuhan, penyiksaan dan penghilangan saat masa pemerintahan Pinochet.

Gen Contreras adalah salah satu arsitek utama dari operasi bernama Plan Condor, kampanye terkoordinasi untuk represi politik dan pembunuhan oleh pemerintah militer di ujung selatan Amerika Selatan yang telah menewaskan puluhan ribu orang di seluruh wilayah.

BACA JUGA: Penyanderaan Berdarah di Mali Berakhir, Sandera Berhasil Dibebaskan

Sebelum meninggal dunia, Gen Contreras telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit militer di Santiago sejak akhir bulan lalu. 

Presiden Chile pada tahun 2009 juga mengeluarkan sebuah keputusan bahwa pada kematiannya, Gen Cotreras tidak akan menerima penghargaan militer. Ia akan dikebumikan layaknya seperti masyarakat biasa.

BACA JUGA: Taliban Soviet Dihukum di AS Atas Serangan di Afghanistan

Sejumlah pejabat dari partai-partai sayap kiri juga mengusulkan menghilangkan pangkat jenderal almarhum ketika pertama kali dihukum.(ray/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tentara PBB asal Rwanda Bunuh Empat Rekannya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler