Dihukum Berat, Pelatih Persib: Kami Siap Main di Mana Pun

Kamis, 04 Oktober 2018 – 23:59 WIB
Pelatih Persib Bandung Mario Gomez. Foto: Persib Bandung

jpnn.com, JAKARTA - Sanksi yang dijatuhkan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI Senin lalu (1/10), masih bebuntut panjang.

Persib Bandung menjadi klub yang paling dirugikan atas banyaknya hukuman yang mereka dapatkan. Salah satunya partai kandang usiran di luar Jawa dan tanpa penonton hingga akhir musim 2018.

BACA JUGA: Manajemen PSM Mulai Benahi Pencahayaan Lampu Stadion

PSSI memberikan contoh Kalimantan sebagai opsi terbaik bagi Persib untuk menggelar laga kandang. Dalam hal ini, Mario Gomez, pelatih Persib Bandung menyatakan siap bila timnya bermain di mana pun.

”Jika kami harus bermain di sana (Kalimantan, Red), oke kami pergi, kami ingin profesional tentunya,” sebut pelatih asal Argentina tersebut.

BACA JUGA: PSM vs Mitra Kukar: Sama-sama Andalkan Pemain Pelapis

Selain partai usiran Maung Bandung-julukan Persib juga dipastikan kehilangan tiga legiun asing mereka, Bojan Malisic, Ezechiel Ndouasel, dan Jonatan Bouman. Mereka juga kehilangan Ardi Idrus, full back kiri Persib yang selalu main reguler bersama tim.

Belum lagi, pada 9 Oktober mendatang, Timnas senior akan tampil dalam FIFA International match day menghadapi Myanmar (10/10) dan Hongkong (16/10). Sedangkan para pemain bakal berkumpul pada 6 Oktober, Sabtu mendatang.

BACA JUGA: IPW: Jangan Gulirkan Liga 1 jika Tidak Ada Jaminan Keamanan

Yang menjadi persoalan bagi Persib yakni, dua mereka, gelandang Dedi Kusnandar dan winger Febri Hariyadi masuk dalam skuad yang dipanggil PSSI. Selain dua pemain tersebut, Indra Mustafa, pemain bertahan yang masuk dalam skuad Timnas U-19 juga diminta pulang. Di sisi lain, Persib bakal menjalani laga kandang menghadapi Madura United 9 Oktober mendatang.

Dengan kehilangan empat pilar plus 2 pemain ke timnas, Gomez dihadapkan posisi sulit. “Saya sudah bilang tidak akan memberikan pemain untuk timnas, karena kami membutuhkan mereka untuk tanggal 9 Oktober,” urai mantan pelatih Johor Darul Takzim tersebut.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi terpisah, Heru Joko, Ketua Viking Persib Club (VPC) menyampaikan keresahan yang sama. “Di berbagai grup, juga media sosial, teman-teman kecewa dengan putusan Komdis ini,” terangnya. Menurutnya, keputusan tersebut seperti mengkanibal Persib berikut suporter mereka.

“Putusan itu tidak ada unsur mendidiknya buat kami (Bobotoh, Red), seperti mematikan kami saja,” terang. Selanjutnya, Heru memilih untuk menunggu hasil banding yang dilakukan manajemen Persib terhadap putusan Komdis. 

Gelombang penolakan di akar rumput Bobotoh bisa meledak kapan saja. Ada potensi perlawanan yang bakal mereka jalankan bilamana banding tersebut ditolak PSSI. Meskipun demikian, Heru enggan berspekulasi. “Saya juga terus meredam teman-teman, agar tetap kondusif,” katanya.

Di sisi lain, Gusti Randa Ketua Tim Pencari Fakta kasus Persib menjelaskan rekomendasi timnya kepada PSSI menjadi salah satu dari acuan untuk membuat keputusan bagi Komdis. “Terhadap hasil putusan, kami gak bisa memberikan komentar,” ujarnya.

Tetapi, Pekan ke-24 Liga 1 yang dimulai kembali Jumat (5/10) dan berakhir Selasa (9/10) mendatang menjadi test case pasca kasus kematian Haringga Sirila. “Ini harus menjadi perhatian klub dan suporter, pekan ke-24 ini menjadi krusial,” sebutn Gusti. (nap)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kans SFC Terjungkal ke Zona Degradasi Masih Terbuka Lebar


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler