Diisukan jadi Kepala Otorita IKN Nusantara, Ridwan Kamil Diminta Tetap Fokus ke Jabar 

Jumat, 21 Januari 2022 – 17:08 WIB
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar)

jpnn.com, BANDUNG - Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan menunjuk kepala daerah berlatar belakang arsitek menjadi kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara membuat nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil banyak disinggung. 

Namun, karena hal tersebut masih berupa sinyal dari Jokowi dan belum mengarah ke nama definitif, Ridwan Kamil diminta untuk mengabaikan isu tersebut. 

BACA JUGA: Konon Ridwan Kamil Memenuhi Kriteria sebagai Kepala Otorita IKN, Begini Responsnya

Ketua Pimpinan Daerah Kolektif Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (PDK Kosgoro) 1957 Jawa Barat Aria Girinaya mengatakan apabila sinyalemen itu benar, maka Ridwan Kamil diminta untuk tetap memilih memimpin Jabar dibanding Nusantara. 

Namun demikian, kata dia, pernyataan Presiden Jokowi meski belum mengarah langsung pada sosok Ridwan Kamil harus tetap diapresiasi.

BACA JUGA: Isran Noor Membantah Masyarakat Kaltim Menolak IKN Baru 

“Bagi kami khususnya warga Jawa Barat adalah suatu kebanggaan kalau betul Pak Ridwan Kamil ditunjuk sebagai kepala otorita IKN," kata Aria kepada wartawan di Bandung, Jumat (21/1). 

Aria meminta Ridwan Kamil tetap fokus mengurus Jabar. 

BACA JUGA: Anwar Abbas: Guru Honorer Lulus PPPK agar Ditempatkan di Sekolah Asal

Menurut Aria, Ridwan Kamil masih punya tanggung jawab yang harus diselesaikan di Jabar. 

“Beliau menjabat baru tiga tahun kemudian ada pandemi Covid-19 yang mana menyebabkan pembangunan dalam tanda petik banyak yang di-pending atau belum terselesaikan," kata Aria.

Dia berharap Ridwan Kamil lebih dulu menyelesaikan tugas-tugasnya sebagai gubernur Jawa Barat secara tuntas.

"Kalaupun diberi kesempatan, nanti kami terserah Pak Jokowi, tetapi kami warga Jabar sangat berharap Pak Ridwan Kamil menyelesaikan tugas sebagai Gubernur di Jabar,” katanya.

Aria berharap fokus Ridwan Kamil tidak terpecah, karena masih ada agenda pembangunan di Jabar yang harus diselesaikan. 

“Jadi, jangan terpecah fokusnya setidaknya masih ada agenda-agenda pembangunan di Jabar yang harus diselesaikan oleh beliau," kata dia.

Aria juga menilai analisis sebagian pengamat bahwa sinyal ini menunjukkan Jokowi tengah mempersiapkan Ridwan Kamil sebagai capres dengan memimpin Nusantara, bukan hal yang mudah dan sederhana.

"Lantas pertanyaannya ialah partai mana yang mau mengusung beliau sebagai capres? Saya menyarankan beliau fokus dulu di Jawa Barat walaupun peluang (capres) itu ada. Karena saya berharap Jawa Barat tuntas, Jawa Barat juara lahir batin itu bukan hanya slogan," kata dia. (antara/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler