Dijuluki Bayi Oscar, Ini 7 Kategori yang Berpotensi Dimenangkan Dunkirk

Selasa, 01 Agustus 2017 – 10:45 WIB
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - Sebelum dirilis, Dunkirk sudah disebut ’’bayi Oscars’’ oleh para kritikus. Yakni, film yang terlahir buat memenangkan Oscars.

Berikut beberapa slot yang mungkin menjadi lumbung piala buat film Christopher Nolan itu. (fam/c18/na)

BACA JUGA: Deretan Film PD II Ini Berjaya di Box Office dan Academy Awards

 

1. Film Terbaik

BACA JUGA: Kesuksesan Dunkirk yang Bikin Seantero Hollywood Bingung

Paro pertama 2017 berlangsung seru. Banyak film dengan plot, tema, dan cerita yang apik. Dunkirk punya sisi unik yang tidak dimiliki film lain. Yakni, susunan hal kecil yang mendukung garis besar cerita, bahkan tanpa dialog panjang.

 

BACA JUGA: Nolan Does It Again! Dunkirk Nyaris Sempurna

2. Aktor Terbaik

Pertanyaannya, siapa pemeran leading actor di Dunkirk? Apalagi, nomine dan pemenang Oscars pada masa lalu tumplek bleg di sana. Namun, karakter Tom Hardy bisa diajukan. Sebagai pilot dengan sebagian wajah yang ditutup, dia praktis berakting dengan matanya. Bahkan, ada meme yang menulis, ’’And the Oscar goes to... Tom Hardy’s eyeball.’’

 

3. Aktor Pendukung Terbaik

Karakter Mark Rylance dan pendatang baru Harry Styles layak masuk nominasi Pendukung Terbaik. Walau bertitel pendukung, peran keduanya cukup memorable dan bisa jadi favorit penonton.

 

4. Sutradara Terbaik

Mustahil Nolan lolos dari nominasi ini. Meski demikian, tidak berarti dia bakal menang mudah. Sebab, ada sejumlah kontender kuat seperti Kathryn Bigelow, Sofia Coppola, dan Darren Aronofsky. Steven Spielberg yang menyutradarai The Papers juga bisa masuk nominasi.

 

5. Original Score Terbaik

Dunkirk punya musik pengiring yang strong, tapi berkesan dan bikin merinding. Hans Zimmer berjasa besar dengan menghadirkan scoring yang membuat penonton serasa berada di garis depan.

 

6. Sinematografi Terbaik

Hoyte Van Hoytema sangat mungkin mengulang kesuksesannya di Interstellar. Di Dunkirk, dia mampu mewujudkan kondisi yang dirasa mustahil. Misalnya, scene kebakaran di permukaan laut, dengan para tentara yang tenggelam di bawahnya.

 

7. Sound Editing dan Sound Mixing Terbaik

Tidak banyak dialog di film tidak membuat Dunkirk sepi. Detail suara ombak, desing peluru, hingga langkah kaki terdengar jelas, bahkan ketika film itu tidak ditonton dalam format IMAX.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Aktor Muslim Pertama Penerima Piala The Oscars


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler