Dinasti Nusantara dan Raja Amarasi NTT Berkomitmen Dukung Ganjar di Pilpres

Selasa, 12 Desember 2023 – 19:35 WIB
Perwakilan dari Dinasti Nusantara bersama Raja Amarasi di Kupang NTT. Dok: sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, KUPANG - Perwakilan Dinasti Nusantara berkunjung ke Istana (Sonaf) Raja Amarasi di Desa Teunbaun, Kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang dalam rangka memperkuat silaturahmi dan dukungan untuk calon presiden Ganjar Pranowo.

Kedatangan sukarelawan dari kalangan para raja, ratu, sultan, dan tokoh adat itu disambut hangat oleh ahli waris kerajaan Amarasi, YM Yesaya Robert Maurits Koroh dan istrinya Permaisuri Mira Samaria Koroh yang merupakan Putri Sultan Ternate, almarhum Mudaffar Syah.

BACA JUGA: Hasto: Dukungan Rakyat kepada Ganjar-Mahfud Masih Kuat

Setibanya di Istana Raja, perwakilan Dinasti Nusantara yaitu Penggagas dan Pendiri Dinasti Nusantara Sri Paduka KGPAA Mangku Alam II dari Yogyakarta, dan Koordinator Nasional Dinasti Nusantara KPH Andi Bau Malik Barammamase Karaenta Tukajannangngang Satrio Sasmito dari Kerajaan Gowa Sulawesi Selatan, disematkan tenun ikat Amarasi sebagai bentuk penghormatan.

Setelahnya mereka kemudian berbincang-bincang mengenai kondisi politik dan demokrasi yang terjadi di tanah air saat ini.

BACA JUGA: 3 Ketum Parpol Pengusung Ganjar - Mahfud Hadir di Lokasi Debat Capres, Satu Absen

Raja Amarasi YM Yesaya sesekali tampak curhat mengenai permasalahan yang kerap dialami pihaknya.

Oleh karena itu, Raja Amarasi YM Yesaya mengaku butuh sosok pemimpin yang bisa mendengarkan keluh kesah mereka sebagai penyambung aspirasi rakyat.

BACA JUGA: Ganjar Siap Banget Hadapi Debat Perdana, Sudah Berdiskusi & Berolahraga Bareng Istri

"Saya Raja Amrasi, untuk ke depan selalu mendukung dan Pak Ganjar Pranowo dan ada satu catatan yang perlu kami ingat bahwa semoga ke depan raja-raja yang ada di Nusantara yang memiliki wilayah kerajaan di Indonesia ini bisa diberi tempat berkumpul dalam sebuah wadah resmi," ujar Raja Amarasi YM Yesaya.

Dia mengaku kagum dengan sosok Ganjar yang sangat peduli terhadap kalangan pemangku adat Nusantara seperti tokoh penerus kesultanan dan kerajaan yang sebenarnya sudah ada jauh sebelum negara merdeka.

Menurutnya, kebudayaan dari suatu kerajaan tidak mungkin tercipta jika kerajaan atau kesultanan itu tidak ada atau tidak dilestarikan.

"Untuk itu saya mohon kalau bisa ke depan ini, itu yang perlu diangkat dan dilestarikan. Sehingga anak-anak cucu kita tahu dan sejarah itu bisa berlanjut," kata Raja Amarasi YM Yesaya.

YM Yesaya menilai hanya Ganjar satu-satunya sosok capres yang benar-benar peduli terhadap nasib pemangku adat di Nusantara. Dan hanya capres nomor urut tiga itu yang bisa berkomitmen melestarikan nilai-nilai kebudayaan bangsa. Raja Amarasi YM Yesaya pun kemudian menegaskan mendukung Ganjar sepenuhnya di Pilpres 2024.

"Harapan kami semoga ke depan kalau Tuhan merestui Pak Ganjar menjadi presiden, kami sebagai pewaris kerajaan Amarasi memohon kalau bisa diperhatikan mengenai wadah kami raja-raja," pungkasnya. (cuy/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ketua TPN Yakin Debat Capres Bikin Rakyat Makin Memahami Program Ganjar-Mahfud


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler