Dino Ungkap Pemicu Utama Gelombang Besar Demo Mahasiswa, Oh Ternyata

Sabtu, 28 September 2019 – 07:18 WIB
Demo mahasiswa dari berbagai universitas di depan gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Mahasiswa Universitas Trisaksi (Usakti) Dino Ardiansyah membantah ada aktor di balik gelombang besar demo mahasiswa.

Menurut dia, gerakan mahasiswa di daerah hingga ke pusat dipicu kekecewaan terhadap upaya pelemahan terhadap KPK. Keberadaan lembaga antirasuah itu dilemahkan dengan revisi UU KPK.

BACA JUGA: Ananda Badudu Transfer Uang ke Mahasiswa Pemegang HT saat Aksi Demo

"KPK itu produk reformasi yang harus dikawal. Ketika KPK dilemahkan, kami mahasiwa akan melawan," kata Dino, Sabtu (28/9).

Dia pun heran dengan isu yang meragukan kemurnian aksi mahasiswa. Padahal gerakan mahasiswa ini diikuti hampir semua kampus besar.

BACA JUGA: Sutiaji dan Sidik Ungkap Fakta Temuannya soal Demo Mahasiswa di Malang

"Kalau masih ada yang bertanya-tanya kenapa baru sekarang mahasiwa bergerak, itu karena kami melihat negara ini sudah genting dalam penegakan hukum. KPK yang menyatukan gerakan mahasiswa. Bukan sekelompok orang," tegasnya.

Selama in, lanjut Dino, mahasiswa diam karena KPK sebagai lembaga satu-satunya yang dinilai masih objektif dalam penegakan hukum, tidak diutak-atik. Ketika KPK dilemahkan ini yang memersatukan mahasiswa.

BACA JUGA: 3 Kasus Besar jadi Amunisi Menggoyang Presiden Jokowi

Memang, kata Dino, bukan hanya masalah KPK yang disuarakan mahasiswa. Ada banyak aturan yang dirumuskan DPR RI jadi sorotan mahasiswa.

"KPK hanya salah satu pintu masuk. Sebab, banyak persoalan bangsa yang harus dibereskan. Kami sebagai mahasiswa, hanya bisa menyuarakan aspirasi masyarakat Indonesia lewat aksi demonstrasi. Dan, kami yakin cara ini masih efektif untuk mengubah keadaan," tandasnya. (esy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler