Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, mengatakan ia menominasikan Kirstin Ferguson sebagai pejabat sementara Presiden Dewan Direktur (chair) ABC, setelah adanya pemecatan dan pengunduran diri dari dua pejabat penting di lembaga penyiaran publik Australia ini. Poin kunci:• Pencalonan itu dilakukan setelah Presiden Dewan Direktur ABC, Justin Milne, mengundurkan diri di tengah tuduhan ia mengganggu independensi editorial ABC
• Dr Ferguson mengatakan ia "mencintai ABC" dan "merasa terhormat" dinominasikan sebagai pejabat sementara Presiden Dewan Direktur
• Direktur pelaksana ABC, Michelle Guthrie, dipecat pada hari Senin (24/9/2018)

BACA JUGA: Keturunan Papua Nugini, Pria Aborijin Bebas Dari Deportasi Australia

Perdana Menteri (PM) Morrison membuat pengumuman itu di Sydney, dan menegaskan ia akan menyampaikan pilihannya itu ke Gubernur Jenderal hari Jumat (28/9/2018).

PM Morrison mengatakan, ia dulunya ingin agar Ferguson menjadi Wakil Presiden Dewan Direktur ABC.

BACA JUGA: Demi Penuhi Kebutuhan, Makin Banyak Warga Papua Nugini Jual Anaknya

"Jika Gubernur Jenderal menerima rekomendasi itu maka ia [Ferguson] juga akan berperan sebagai pejabat sementara Presiden Dewan Direktur ABC sampai waktu pengangkatan Presiden baru dilakukan melalui proses normal," katanya.

Ferguson telah duduk di Dewan Direktur ABC sejak tahun 2015, dan merupakan direktur yang berpengalaman dengan pengalaman 10 tahun di dewan bursa efek ASX100 dan ASX200 serta perusahaan swasta dan sejumlah dewan pemerintah.

BACA JUGA: Mesin Beralgoritma Kini Bisa Saingi Dokter Deteksi Gangguan Mental

Ia adalah pencipta kampanye media sosial #CelebratingWomen, yang membuatnya dinominasikan untuk Penghargaan ‘Our Watch’ dari Walkley Foundation atas penggunaan terbaik dari media sosial.

Staf Senior ABC telah mulai mempertanyakan Dewan Direktur perusahaan ini setelah Direktur Pelaksana Michelle Guthrie dipecat pada hari Senin (24/9/2018), dan Presiden Dewan Direktur, Justin Milne, mengundurkan diri pada hari Kamis (27/9/2018).

"Saya pikir penting bagi ABC untuk memulihkan transmisi normal secepat mungkin," kata Morrison.

"Ada posisi kosong dan penunjukkan yang harus dibuat, tetapi penting bahwa ABC kembali bekerja," katanya.

Presenter Radio Nasional, Patricia Karvelas, mengatakan Dr Ferguson mengatakan kepadanya: "[Ini] tanggung jawab besar tapi saya sangat mencintai ABC, saya merasa terhormat untuk menerimanya."Tudingan untuk dewan

Milne - teman dekat mantan Perdana Menteri Malcolm Turnbull - mengundurkan diri setelah sejumlah laporan menuduhnya mengganggu kebebasan editorial lembaga penyiaran itu.

Fairfax Media menerbitkan bocoran email yang diklaim menunjukkan Milne memerintahkan dua wartawan paling senior ABC untuk dipecat sebagai reaksi terhadap kemarahan Turnbull atas pekerjaan mereka. External Link: Leigh Sales tweets

Pemecatan Guthrie - yang disebut membuatnya "hancur" dan mempertimbangkan pilihan hukum -muncul sebagai kejutan pada hari Senin (24/9/2018).

Pertemuan mendadak semua staf diadakan di markas besar Ultimo, pada hari Senin (28/9/2018), dan mosi yang meminta Milne untuk mundur dan untuk dilakukannya penyelidikan independen disahkan dengan suara bulat.
Menyusul pemecatan Guthrie, presenter ABC, Leigh Sales, mempertanyakan keputusan dewan direktur.

Direktur yang dipilih staf ABC, Jane Connors, telah ada di Dewan Direktur sejak bulan Mei.

Pada hari Senin (24/9/2018), Connors mengatakan pemecatan Guthrie dilakukan "demi kepentingan terbaik ABC".

Namun, dalam sebuah email kepada seorang anggota staf di minggu itu, Connors menggambarkan berita besar tentang Milne sebagai hal yang "menyedihkan".

Paul Barry, yang menyajikan program Media Watch di ABC, mengatakan dewan itu membutuhkan perbaikan dan para direktur dan Presiden harus transparan, dipilih berdasarkan prestasi dan bipartisan.

"Sudah waktunya bagi pemerintah untuk berhenti mengisi kursi dewan direktur dengan kawan politik atau ideologi mereka," sebutnya.Bela dewan terkait independensi ABC

Sementara itu, pejabat sementara Presiden Dewan Direktur ABC, Kirstin Ferguson, menggunakan wawancara pertamanya untuk membela Dewan Direktur ABC, di tengah meningkatnya ketidakpuasan dari staf atas independensi editorial.

Ia mengatakan, dirinya tidak pernah melihat bukti campur tangan politik dalam tiga tahun posisinya di Dewan Direktur ABC.

"Dewan direktur telah mengutamakan kepentingan terbaik ABC di setiap tahap," katanya.

Ferguson mengatakan ia "tak memiliki masalah yang sama seperti" Milne karena hubungan dekatnya dengan mantan Perdana Menteri.”

"Saya tak memiliki hubungan dengan Pemerintah. Saya hanya berfokus pada ABC dan independensi," katanya.

"Bagi seorang Menteri untuk mengharapkan bahwa saya akan melakukan sesuatu yang berbeda atau membuat komentar tentang proses editorial, mereka tak akan dapat apa-apa."

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ternyata Nazi Pernah Sumbangkan Instrumen Musik Ke Komunitas Aborijin

Berita Terkait