Dirjen Bina Adwil Rilis Buku tentang IKN & Tata Kelola Kota

Sabtu, 27 Juli 2024 – 15:10 WIB
Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Dua buku karya Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Dr. Safrizal ZA diluncurkan dan dibedah kepada publik.

Buku tersebut berjudul Jalan Menuju Ibu Kota Nusantara Bersama Daerah Mitra Penyangga dan Pengelolaan Perkotaan di Indonesia: Masa Lampau, Masa Kini, & Masa Depan.

BACA JUGA: 10 Ribu Pelari Bakal Meriahkan Acara Digiland Run 2024, ada Sal Pribadi Hingga Dewa 19

Acara yang dihadiri oleh ratusan orang ini dilangsungkan di Gedung Perpustakaan Nasional RI, Jakarta.

"Buku ini membahas tentang Ibu Kota Nusantara tanpa memaksa pembacanya untuk mendukung, melainkan memberikan informasi mengenai keberhasilan beberapa negara dalam memindahkan ibukotanya," ujar Safrizal.

BACA JUGA: Lewat Kampanye Go Green, Kolaborasi Indonesia & Taiwan Bisa Hadirkan Solusi Praktis

Safrizal menuturkan buku tentang IKN mengupas keberhasilan dan kegagalan negara lain dalam hal yang sama.

Sementara buku tentang pengelolaan perkotaan ini menggambarkan sebuah kota dapat menjadi berkelanjutan, cerdas, memiliki standar layanan yang baik, aman, serta sanitasi yang bagus, yang semuanya harus dirancang sejak awal.

BACA JUGA: Dukung Industri Kendaraan Listrik di Indonesia, BKI & IBC Jalin MoU

Buku ini diharapkan bisa menjadi panduan bagi para pemangku kebijakan dan masyarakat dalam memahami dinamika pembangunan kota yang berkelanjutan.

"Kalau hidup ini ingin berarti, tinggalkanlah nama dan karya," seru Pj Gubernur Babel ini.

Sementara itu, Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional Dr. Joko Santoso dalam sambutannya menyampaikan semangat Perpusnas untuk mendorong kampanye tulis, terbit, dan sebarkan mendukung penuh penerbitan buku ini, sebagai bagian dari kolaborasi antar kementerian dan lembaga dalam menumbuhkembangkan minat literasi di kalangan masyarakat.

"Pak Safrizal ZA menjadi role model birokrat sekaligus penulis yang melahirkan buku-buku bermutu yang dibutuhkan masyarakat," ungkapnya.

Sementara, penulis dan pegiat literasi, Maman Suherman menyoroti karya-karya yang dihasilkan oleh Safrizal, salah satunya buki pengalaman sebagai Penjabat Gubernur.

"Mudah-muahan semua penjabat begitu selesai bertugas, dia membuat buku tentang perjalanan dia saat memimpin. Sudah diduluin sama Pak Saf nih menulis buku tentang pengalaman di Kalimantan Selatan, berlanjut lahir karya buku tentang IKN, kita butuh dari kalangan pemerintahan untuk menghasilkan karya buku," kata Maman.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler