Dirjen GTK Blak-blakan soal Alasan Pengumuman Guru PPPK 2022 Ditunda, Oalah

Jumat, 03 Februari 2023 – 16:25 WIB
Plt Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani menjelaskan alasan pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2022 ditunda. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Plt Dirjen GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani akhirnya menyampaikan pernyataan resmi terkait alasan penundaan pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2022.

Jadwal semua, pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2022 dilakukan pada 2-3 Februari 2023.

BACA JUGA: Sudah Banyak P1 Kena PHK, Pengumuman PPPK Guru Ditunda, 2 Februari Banjir Air Mata

Prof Nunuk mengimbau para peserta seleksi, dari yang masuk kategori prioritas satu (P1) hingga P4, agar bersabar.

Perempuan kelahiran Karanganyar, 8 November 1966 itu menyampaikan bahwa pengumuman akan dipublikasikan pada bulan ini.

BACA JUGA: Jadi, Kapan Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Guru 2022? Oh, Teringat Kekhawatiran Kepala BKN

Perlu diketahui, peserta seleksi PPPK guru 2022 terbagi dalam empat kategori prioritas, mulai prioritas satu atau P1 hingga P4.

P1 adalah guru honorer negeri dan swasta yang lulus passing grade (PG) dan tidak mendapatkan formasi PPPK 2021.

BACA JUGA: Apa Alasan Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Guru 2022 Ditunda? Makin Kacau, Piye to ki

P2 adalah guru honorer K2 yang tidak termasuk dalam prioritas 1 (P1). Mereka tidak lulus PG maupun belum ikut seleksi PPPK 2021, tetapi sudah mendaftar.

P3 adalah guru honorer negeri dengan masa kerja minimal 3 tahun, terdata di Dapodik. Mereka tidak lulus PG maupun belum ikut seleksi PPPK 2021, tetapi sudah mendaftar.

P4 atau pelamar umum adalah lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang terdaftar pada database di Kemendikbudristek dan terdaftar di Dapodik.

Alasan Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Guru 2022 Ditunda

Prof Nunuk menjelaskan bahwa penundaan pengumuman hasil seleksi PPPK guru 2022 dilakukan karena Panitia Seleksi Nasional Calon Aparatur Sipil Negara (Panselnas CASN) pada Kamis (2/2) menggelar rapat Koordinasi dan Sinkronisasi dalam Mengoptimalisasikan Pemenuhan Kebutuhan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2022.

Rapat dihadiri Tim Panselnas terdiri dari Kemendikbudristek, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), serta Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Prof Nunuk menjelaskan, setelah dilakukan seleksi ASN PPPK 2022 untuk formasi pelamar prioritas 1 (P1), pelamar prioritas 2 (P2), pelamar prioritas 3 (P3), dan P4 (pelamar umum), masih terdapat formasi kosong serta kuota yang belum terserap.

Oleh karena itu perlu diperjuangkan agar ASN PPPK yang direkrut menjadi lebih banyak jumlahnya.

“Kami melihat masih ada formasi yang tidak terlamar, sehingga kami ingin memperjuangkan formasi kosong ini, agar bisa diisi oleh pelamar yang belum mendapatkan formasi," ujar Nunuk dalam pernyataan resminya, Jumat (3/2).

Prof Nunuk berharap seluruh guru honorer bisa memahami keputusan Panselnas CASN tersebut, karena pemerintah ingin jumlah ASN PPPK yang diterima lebih banyak.

Prof Nunuk menjelaskan bahwa merujuk pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) Nomor 20 Tahun 2022 Tentang Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah, Kemendikbudristek dapat memberikan rekomendasi penempatan di sekolah lain bagi guru yang saat ini bekerja, tetapi tidak sesuai dengan kebutuhan di sekolahnya.

Untuk itu, dalam rangka optimalisasi dan pemberian rekomendasi tersebut, perlu adanya penundaan pengumuman agar persoalan kuota yang belum terserap dan penataan penempatan guru dapat terselesaikan.

"Langkah optimalisasi formasi dan sinkronisasi data ini membutuhkan waktu, sehingga berimplikasi pada penundaan pengumuman hasil seleksi,” terang Nunuk.

Pengumuman Hasil Seleksi PPPK 2022 Bulan Ini

Lebih lanjut Prof Nunuk menjelaskan, penundaan pengumuman ini merupakan bagian dari langkah perjuangan Panselnas CASN agar dapat memaksimalkan formasi yang tersedia.

Dia meminta pengertian atas penundaan pengumuman seleksi PPPK guru 2022.

Dikatakan bahwa pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2022 akan dilakukan paling kambat akhir bulan ini.

"Insyaalah Panselnas akan mengumumkan hasilnya sekitar minggu ketiga atau keempat Februari sesuai arahan BKN,” ujar Nunuk Suryani. (esy/jpnn)


Redaktur : Soetomo Samsu
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler