Dirjen IKP: Ibu Kota Nusantara Warisan untuk Indonesia Maju

Minggu, 11 Agustus 2024 – 17:58 WIB
Bincang Nusantara yang merupakan rangkaian acara Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Fest 2024 yang berlangsung di kawasan Pantai Losari, Makassar. Foto: Dokumentasi Kementerian Kkominfo

jpnn.com, MAKASSAR - Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi salah satu fondasi yang diletakkan Presiden Joko Widodo menuju Indonesia yang lebih maju.

Hal ini sesuai tema peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, yakni Nusantara Baru, Indonesia Maju.

BACA JUGA: Soal Jadwal Pemindahan ASN ke IKN, Raja Juli Bilang Begini

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong menyampaikan hal tersebut dalam acara Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Fest 2024 di kawasan Pantai Losari, Makassar.

“IKN akan mengantar Indonesia kepada kemajuan. Kita semestinya berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo, karena telah meletakkan landasan bagi Indonesia maju,” kata Dirjen Usman Kansong dalam keterangan yang dikutip, Minggu (11/8).

BACA JUGA: Menkominfo Budi Arie Tegaskan Gedung Istana Garuda IKN Kebanggaan Nasional

Dirjen Usman menyebutkan salah satu alasan pemindahan ibu kota negara adalah pembangunan Indonesia yang tersentralisasi di Pulau Jawa sehingga menyebabkan tidak meratanya kesejahteraan.

Oleh karena itu, pembangunan IKN menjadi langkah yang dipilih untuk melakukan pemerataan pembangunan dan ekonomi Indonesia.

BACA JUGA: AMAN: Masyarakat Adat di Kaltim Terancam Punah Gegara Proyek IKN

Dia mengemukakan terdapat empat tujuan pemindahan Ibu Kota Indonesia ke Nusantara.

Pertama, untuk menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Kedua, menciptakan suatu kota cerdas, melalui penerapan konsep smart forest city, yang berkelanjutan dan inklusif.

Ketiga, membentuk budaya kerja dan birokrasi yang lebih efisien.

Terakhir, menjadi simbol kebanggaan Indonesia karena Istana Negara dan Istana Garuda di Nusantara dibangun 100 persem oleh bangsa Indonesia.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Kominfo Septriana Tangkary menambahkan IKN sebagai smart forest city akan dibangun menjadi kota cerdas yang ramah lingkungan.

“IKN akan menyediakan berbagai komponen perkotaan yang akan menjamin kualitas hidup yang baik untuk masyakaratnya, seperti air dan udara yang bersih, tata kota yang teratur, aksesibilitas yang baik, serta kondisi perkotaan yang aman dan nyaman,” terang Septriana. (mar1/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler