Soal Jadwal Pemindahan ASN ke IKN, Raja Juli Bilang Begini

Sabtu, 10 Agustus 2024 – 07:01 WIB
Plt Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com - PENAJAM PASER UTARA - Pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, kemungkinan akan dilakukan pada akhir September 2024. 

Hal itu diungkap Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) sekaligus Plt Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Raja Juli Antoni. 

BACA JUGA: Oknum ASN Pemkot Bandung jadi Tersangka Korupsi, Begini Modusnya

"Jadwalnya akhir September saya dengar, karena amanah untuk pemindahan aparatur sipil negara itu diberikan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," kata Raja Juli Antoni di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (9/8). 

"Setahu saya, masing-masing biro kepegawaian dan biro umum sudah pernah dikumpulkan dan sudah pernah setor nama. Nanti coba ditanyakan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," tambahnya. 

BACA JUGA: AMAN: Masyarakat Adat di Kaltim Terancam Punah Gegara Proyek IKN

Dia mengatakan bahwa sebanyak 12 tower rumah susun (rusun) ASN siap untuk dimanfaatkan oleh para ASN yang akan dipindahkan ke IKN

"Untuk itu semua sudah siap, sudah ada 12 tower yang jadi," ungkapnya.

BACA JUGA: APHTN-HAN Ungkap Perlindungan Jaminan Sosial ASN Belum Optimal Imbas Minimnya Literatur

Sebagai informasi, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan membangun rusun ASN di IKN dengan total keseluruhan 47 menara atau tower untuk mendukung pemindahan ASN secara bertahap mulai 2024.

Secara keseluruhan dari 47 menara Rusun ASN-Hankam memiliki total 2.820 unit dengan tipe 98 m2 untuk tiap unitnya.

Pembangunan rusun terdiri atas 31 rusun untuk ASN dengan jumlah 1.860 unit.

Kemudian, Rusun Hankam terdiri atas 7 rusun untuk personel Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN) serta 9 rusun untuk Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dengan total 960 unit.

Masing-masing tower setinggi 12 lantai, terdiri atas lantai 1 dan 2 dimanfaatkan untuk podium fasilitas sosial/fasilitas umum (fitness, public space, dsb), sedangkan 10 lantai sisanya untuk hunian. Setiap unitnya disiapkan tiga kamar tidur.

Rencananya Rusun Hunian ASN tersebut akan dipergunakan terlebih dahulu sebagai tempat akomodasi menginap bagi para petugas upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN.

Lokasi 12 tower Rusun Hunian ASN-Hankam tersebut berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Rusun ASN merupakan hunian tempat tinggal untuk para ASN dan personel hankam yang nantinya bertugas di IKN Nusantara. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler