Disiapkan Diorama Terbentuknya Danau Toba

Rabu, 30 November 2011 – 22:22 WIB

JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparenkraf) berencana membangun diorama mind map tentang sejarah terbentuknya Danau Toba setelah pascaletusan supervolcano (gunung berapi super) sekitar 73 hingga 75 ribu tahun laluKemenparenkraf juga berencana menjadikan Danau Toba sebagai taman bumi (geopark) dunia karena merupakan situs warisan geologi (geological heritages) sekaligus situs warisan budaya (cultural heritages).

"Diorama mind map tersebut mencatat komprehensif kompleksitas terbentuknya Danau Toba

BACA JUGA: Polri Ingin Gandeng KPK Tangani Jembatan Kukar

Sungguh hebat letusan saat itu, separuh bumi gelap
Diorama menceritakannya spektakuler,” kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, dalam rapat kerja (raker) dengan Komite III DPD, di Gedung DPD Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/11).

Nantinya, diorama itu akan menggabungkan kata dan gambar yang menjelaskan sejarah terbentuknya Danau Toba

BACA JUGA: Evakuasi Terhambat Arus Kuat, 8 Mobil Dipastikan Terjebak

Manfaatnya adalah untuk meningkatkan pemahaman, imajinasi, dan kreativitas, sehingga cocok bagi komunitas keilmuan sekaligus menjadi sebagai tujuan wisata pendidikan.

“Kalau diorama menceritakannya spektakuler, akan banyak wisatawan pendidikan berkunjung ke Danau Toba, terutama peneliti, pelajar, mahasiswa,” ungkapnya.

Sementara terkait rencana menjadikan Danau Toba sebagai geopark, mantan Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasaran dan Promosi Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kembudpar) ini menjelaskan, danau bekas kawah itu akan dikelola sebagai situs wartisan geologi dan warisan budaya, Pengembanganya bertujuan untuk konservasi, edukasi, dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development).

Banyak potensi yang mendukung rencana Kemenparenkraf mengembangkan kawasan Danau Toba
Termasuk dalam hal pengembangan makanan atau minuman dari hasil pertanian dan perkebunan di sekitarnya, seperti kopi Mandailing, kopi Sidikalang, dan tembakau Deli.

“Keduanya the best coffee karena Starbucks Coffee menggunakannya

BACA JUGA: Ketua Parpol Digerebek Mesum Dengan Pengurus

Dan, Fidel Castro suka bahan cerutunya tembakau DeliPaten kan?" pujinya.(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Helikopter JK Mendarat Darurat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler