Disiarkan Langsung di 215 Negara

Jumat, 11 Juni 2010 – 06:40 WIB
SEMANGAT - Khalayak bergembira dan tampak penuh semangat, saat acara FIFA World Cup Kick-off Concert, Kamis (10/6) kemarin, yang digelar di Orlando Stadium, Soweto, sehari jelang pembukaan resmi Piala Dunia 2010. Foto: AFP Photo/Gianluigi Guercia/FIFA.com.

HARI ini, Jumat (11/6), gong Piala Dunia (PD) 2010 Afrika Selatan (Afsel) akan resmi mulai ditabuhPanitia sudah menyiapkan acara spektakuler untuk menandai dibukanya perhelatan turnamen sepakbola paling akbar sejagat itu.

Opening ceremony akan digelar di Soccer City Stadium, Johannesburg, pukul 14.00 waktu setempat, atau dua jam sebelum pertandingan perdana antara tuan rumah Afsel melawan Meksiko digelar

BACA JUGA: Ambisi Powel Sprinter Tercepat

Pembukaan PD Afsel ini sendiri akan disiarkan secara live di 215 negara di penjuru dunia.

Meski akan menyuguhkan sajian bervariasi, opening ceremony dirancang hanya digelar dalam waktu cukup singkat, yaitu 30 menit
Acara itu akan melibatkan 1.581 artis, penari, musisi, serta sejumlah penampil kelas dunia

BACA JUGA: Lupakan Tanding Ulang Persik v Persebaya

Tema dari opening ceremony PD 2010 ini adalah "Welcoming the World Home".

Peraih Grammy Award R Kelly bersama Soweto Spiritual Singers akan menyanyikan lagu pembukaan Sign of Victory
"Turut berpartisipasi dalam pembukaan Piala Dunia 2010 adalah momen terbesar yang saya pernah terlibat di dalamnya," kata R Kelly, seperti dilansir situs FIFA.

"Saya sudah mendengar banyak cerita hebat tentang Afrika

BACA JUGA: Saleh Lepaskan Jabatan Manajer Persebaya

Bisa berada disini, tampil di pembukaan Piala Dunia, adalah hal yang tidak bisa saya jelaskan dengan kata-kataDari segi musik, inilah Piala Dunia sayaIni sangat spesial," sambungnya.

Penghibur lain yang turut meramaikan acara pembukaan adalah peniup terompet kenamaan Afrika, Hugh Masekela, bintang kharismatik Nigeria Femi Kuti yang akan menyanyikan "Bang, Bang, Bang", band legendaris Ghana Osibisa, serta masih banyak lagi yang lain.

:TERKAIT "Saya percaya opening ceremony akan menjadi pertunjukan super dari aneka kesenian Afrika, budaya, lagu, dan tarian yang terbaikUtamanya dari enam negara Afrika yang tampil di Piala Dunia 2010," kata Menteri Seni dan Budaya Afsel, Lulu Xingwana.

Agar tidak kelewatan semenit pun acara pembukaan kelas dunia itu, panitia menginstruksikan agar penonton yang mendapatkan tiket sudah menempati tempat duduk mereka pada pukul 13.00.

Sementara itu, hari pertama PD 2010 akan mempertandingkan dua lagaSelain partai Afsel menjamu Meksiko (pukul 21.00 WIB), juga akan digelar pertandingan antara Uruguay melawan Prancis (Sabtu pukul 01.30 WIB) di Stadion Green Point, Cape Town.

Skuad Bafana Bafana, sebutan timnas Afsel, bertekad akan mempersembahkan poin maksimal di partai perdananya malam nanti"Kami semua sangat sadar tentang pentingnya kemenangan di laga pertama," kata penjaga gawang Itumeleng Khune, seperti dilansir Reuters.

"Semua pemain bertekad tak ingin mengecewakan siapa pun, dan dukungan seluruh rakyat di negeri  ini sangat berarti bagi tim," timpal striker Bernard Parker.

Menjamu Meksiko malam nanti, Bafana Bafana yang dibesut pelatih yang pernah membawa Brazil menjadi juara PD 1994, Carlos Alberto Parreira, memiliki modal bagusSelain mendapat dukungan melimpah, timnas Afsel juga punya bekal tak terkalahkan dalam 12 pertandingan terakhir mereka(ali)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sara Carbonero Makin Lengket dengan Iker


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler