Diskusi Menyambut Hari Konservasi Alam, Vita PDIP Bicara Anggaran Pengelolaan Sampah

Sabtu, 10 Agustus 2024 – 15:06 WIB
Kegiatan seminar Hari Konservasi Alam Nasional 2024: Gerakan Operasi Bersih, Gaya Hidup Berkelanjutan di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Sabtu (10/8). Dokumentasi DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI Komisi IV dari Fraksi PDI Perjuangan Vita Ervina menyebut saat ini pemerintah belum menunjukkan keberpihakan, terutama dari sisi anggaran untuk menanggulangi sampah.

Dia berkata demikian dalam seminar Hari Konservasi Alam Nasional 2024: Gerakan Operasi Bersih, Gaya Hidup Berkelanjutan di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Sabtu (10/8).

BACA JUGA: Peringati Hari Konservasi Alam, PDIP Gelar Seminar dan Berdialog dengan Pemulung

"Sampai dengan saat ini kami melihat bahwa keberpihakan anggaran terkait dengan sampah masih sangat dirasa sangat kurang," kata Vita, Sabtu.

Diketahui, seminar digelar DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan demi memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN).

BACA JUGA: KAI Divre III Imbau Warga Tidak Buang Sampah di Sepanjang Rel Kereta Api

Vita mengaku sebagai legislator perlu mendorong pemerintah menyiapkan anggaran memadai tentang pengelolaan sampah.

"Kami berharap tentu dari DPR bisa juga ikut bareng-bareng kita mendorong pemerintah agar menyiapkan anggaran yang baik, yang banyak juga makin ditingkatkan, agar bisa menyelesaikan persoalan pengelolaan sampah ini sampai tingkat dasar masyarakat," kata alumnus Universitas Pancasila (UP) itu.

BACA JUGA: Berkontribusi pada Pelestarian Lingkungan, Pegadaian Luncurkan Program Bank Sampah

Vita mengatakan gerakan memilah sampah seperti  diucapkan aktivis lingkungan Umi Asmawi perlu digaungkan demi menjaga lingkungan.

"Kami berharap juga dari industri sebagai produsen kemasan juga diterus ditingkatkan, tanggung jawab sosialnya untuk bisa mengawal bagaimana kemasan-kemasan yang dihasilkan, plastik," kata Vita.

Adapun, seminar di Sekolah Partai PDIP turut dihadiri oleh Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Wakil Bendaraha Umum PDIP Yuke Yurike.

Selain itu, jajaran DPP PDI Perjuangan lainnya, M.Y. Esti Wijayanti, Sri Rahayu, kemudian Rokhmin Dahuri juga hadirdi lokasi.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, perwakilan mahasiswa, anak muda, dan kader PDI Perjuangan menyaksikan seminar secara daring. (ast/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aqua Pertegas Komitmen Inovasi Kemasan dan Optimalisasi Pengelolaan Sampah Plastik


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler