Disnak Aceh Targetkan Vaksinasi PMK Rampung Bulan Ini, Alhamdulillah

Jumat, 09 September 2022 – 00:30 WIB
Dinas Peternakan mengatakan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) untuk hewan ternak akan rampung pada pertengahan bulan ini.. Foto: ilustrasi/Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, ACEH - Dinas Peternakan Aceh mengatakan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) untuk hewan ternak gelombang kedua ditargetka rampung pada September 2022.

Kepala Dinas Peternakan Aceh Zalsufran mengatakan pihaknya mendapat tambahan dosis vaksin PMK sebanyak 36.100 dosis pada akhir Agustus lalu.

BACA JUGA: Kementan Ajak Pemprov Aceh Percepat Zero PMK, Ini Tujuannya

Sehingga bisa didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota.

“Vaksin sudah terdistribusi semua ke kabupaten/kota dan target kami di 15 September sudah selesai vaksin semua,” kata Zalsufran di Banda Aceh, Kamis (8/9).

BACA JUGA: Peternak Sambut Baik Percepatan Vaksinasi PMK

Hingga Selasa (6/9) sebanyak 3.486 dosis dari total 36.100 dosis sudah disuntik ke hewan ternak, seperti di Kabupaten Aceh Besar, Aceh Utara, Bireuen, Aceh Barat, Lhokseumawe, Aceh Timur, Aceh Jaya, Pidie Jaya, dan Kabupaten Pidie.

Sementara sisa vaksin sebanyak 32.614 dosis.

BACA JUGA: Temukan Dosis Tepat, Australia Langsung Kirim 1 Juta Vaksin PMK ke Indonesia

Dia menegaska akan terus melakukan percepatan realisasi di seluruh kabupaten/kota guna mencegah penyebaran PMK yang semakin meluas.

Dia mengatakan vaksinasi itu diberikan kepada ternak yang masih sehat guna menekan angka penularan, sehingga penyakit tersebut tidak meluas.

Sebelumnya, Aceh selesai melakukan vaksinasi PMK tahap satu dengan capaian realisasi sebanyak 2.700 dosis dan tahap dua gelombang satu sebanyak 24.956 dosis.

Tak hanya vaksinasi, kata Zalsufran, pihaknya juga terus melakukan pengobatan terhadap ternak yang terinfeksi PMK, bahkan juga mulai menyosialisasikan tentang potong bersyarat bagi daerah dengan kasus PMK di bawah 10 ekor.

Total kasus PMK di Aceh sebanyak 47.254 kasus, di antaranya 46.765 kasus dinyatakan sembuh, 299 ekor mati, 64 ekor potong paksa atau bersyarat, serta 126 ekor yang masih dalam perawatan.

“Kami sudah sosialisasikan ke kabupaten/kota terkait potong bersyarat, terutama bagi daerah yang tersisa satu, dua,atau di bawah 10 ekor ternak terinfeksi PMK,” katanya. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kementan Salurkan Bantuan Bagi Peternak yang Terdampak PMK di Bali


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler