Disorot Media, Menteri Pariwisata Brazil Mundur

Jumat, 16 September 2011 – 13:31 WIB

BRASILIA - Setelah berbulan-bulan menjadi sorotan media karena diduga terlibat skandal, Menteri Pariwisata Brazil Pedro Novais akhirnya mundurPedro adalah menteri kelima kabinet Presiden Dilma Rousseff yang mundur hanya dalam kurun waktu tak lebih dari empat bulan terakhir.
   
Pengunduran diri pejabat tinggi pemerintahan Brazil itu mencerminkan tidak stabilnya pemerintahan Roussef di tengah upaya mengatasi perpecahan di dalam koalisi, akibat kebijakan pengetatan fiskal.
   
Namun pengunduran diri Pedro membawa dampak positif kepada Roussef, yang tengah berjuang menjauhkan dirinya dari citra korupsi, gaya politik penuh kotor, dan penuh skandal saat Novais menjabat sebagai menteri pariwisata.
   
Gelombang tuduhan skandal yang dialamatkan kepada menteri pariwisata, selama beberapa pekan terakhir, sudah berhasil diredam oleh Roussef dengan memperbaiki hubungan politik dengan partner koalisi terbesarnya, yakni Partai PMDB (Partido do Movimento Democr"tico Brasileiro), dimana Novais adalah salah satu kadernya.     
   
Agustus lalu, polisi menangkap 33 pejabat Kementeri Pariwisata dan sejumlah pengusaha dalam upaya pemberantasan korupsi, Mereka diduga terlibat dalam penyelewengan anggaran pendanaan sejumlah program olahraga. 
   
Novais juga menjadi sorotan media karena diduga mengklaim pengeluaran pribadi untuk membayar sebuah kamar di hotel mesum, sebagai pengeluaran dinas

BACA JUGA: Chris Walton, Pecahkan Rekor Kuku Terpanjang di Dunia


   
Kasus paling mutakhir adalah, Novais diduga menggunakan uang negara untuk mempekerjakan seorang pembantu dan sopir untuk istrinya, saat masih menjabat sebagai anggota kongres pada 2003-2010.
   
Kebijakan penghematan yang dicanangkan Roussef awal tahun untuk menahan laju inflasi telah membuat para wakil rakyat "kelaparan" anggaran dan menciptakan sejumlah skandal etika
Akibatnya, lima menteri mundur dalam waktu tak lebih dari empat bulan terakhir

BACA JUGA: Kecelakaan Pesawat Militer Angola, 17 Tewas


   
Kecewa dengan sikap tegas Roussef dalam bidang anggaran dan korupsi, sejumlah teman koalisi politik memboikot agenda pembahasan UU, beberapa hari pada Juli lalu
Partai koalisi menuntut kebijakan yang lebih fleksibel dalam pembahasan UU dan beberapa posisi penting bagi partai mereka dalam pemerintahan.
   
Pengunduran diri menterinya yang terakhir diperkirakan bisa meningkatkan kontrol atas PMDB, yang diprediksi akan kehilangan dukungan dari masyarakat kelas menengah karena budaya korupsinya

BACA JUGA: Pengganti Osama Dukung Revolusi Arab

Tiga dari lima menteri yang mundur adalah kader PMDB
   
Tak seperti pendahulunyaLuiz Inacio Lula da Da Silva, yang seringkali menutup mata terhadap sejumlah kasus korupsi demi mempertahankan dukungan politik, Roussef menunjukkan sikap anti toleransi terhadap nepotisme dan kelakuan buruk para pejabat.(cak)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Fasilitas Nuklir Meledak, Tak Picu Radiasi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler