Diusut KPK, Persiapan Haji Jalan Terus

Jumat, 09 Mei 2014 – 07:41 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Pengusutan dugaan korupsi penyelenggaraan ibadah haji oleh KPK, dipastikan tidak menganggu persiapan haji 2014. Inspektur Jenderal Kementerian Agama (Irjen Kemenag) Mochammad Jasin mengatakan, pihak KPK tidak menuntut penghentian operasional haji selama proses pengusutan itu.

Jasin menegaskan bahwa persiapan penyelenggaraan haji tahun ini jalan terus. "Bahkan sekarang lebih tertib," kata dia.

BACA JUGA: Saldo Rp 123 Ribu Bisa Transfer Rp 21 Miliar

Contohnya untuk urusan pemondokan haji, seluruhnya sudah dipastiken minimal selevel hotel bintang tiga. Meskipun ada perkembangan tadi, Jasin mengatakan panitia tetap dipantau secara intensif.

"Kita tidak mau penyelenggaraan haji dijalankan main-main. Apalagi berujung pelanggaran hukum," ujar mantan petinggi KPK itu. Jasin optimis KPK tidak akan sampai meminta penghentian penyelenggaraan haji, karena sudah mendapat pengawasan maksimal oleh Itjen Kemenag.

BACA JUGA: Jejak Boediono yang akan Bersaksi di Sidang Century

Lebih teknis lagi, Jasin mengatakan saat ini proses sewa pemondokan dipantau serius. Prosesnya harus dilakukan dengan sistem sewa yang jelas dan hotelnya harus bagus. Dia membantah bahwa intervensi dari Itjen Kemenag untuk urusan haji ini hanya formalitas atau wacana saja.

Selama ini dugaan korupsi penyelenggaraan haji diawali dari intervensi pimpinan di internal Kemenag.

BACA JUGA: Bawaslu Rekomendasikan Komisioner KPU Nisel Dicopot

"Kalau sekarang, desakan untuk menyimpang dalam penyelenggaraan ibadah haji nggak ada, siapa yang berani" Modus penyimpangan yang canggih mungkin dulu pernah ada," papar dia.

Proses penyeledikan oleh KPK terkait penyelenggaraan haji terus berjalan. Pimpinan Kemenag yang sudah mereka panggil untuk dimintai keterangan adalah Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Anggito Abimanyu dan mantan Sekjen Kemenag Bahrul Hayat. Modus penyelewangan adalah mark up atau penggelembungan beberapa komponen penyelenggaraan haji. (wan)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gara-gara SBY, Prabowo Terancam Nggak Bisa Nyapres


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler