Djarot: Yang Baik di Jakarta Silakan Ditiru Daerah Lain

Sabtu, 08 Juli 2017 – 14:29 WIB
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Foto: Andrian Gilang/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menghadiri acara presentasi dokumen informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah di Gedung Manggala Wanabakati, Jakarta Pusat, Sabtu (8/7).

Djarot didampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Isnawa Adji, Kepala Bappeda DKI Tuty Kusumawati, dan Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah Pemprov DKI Gamal Sinurat.

BACA JUGA: Djarot Mau Rombak SKPD DKI, Bos Gerindra: Biasa Saja

Acara presentasi dokumen informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah terkait dengan penyelenggaraan Nirwasita Tantra Award 2017, yaitu penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bagi daerah yang berkomitmen tinggi terhadap pelestarian lingkungan hidup.

Djarot mengaku, tidak memikirkan bakal mendapatkan penghargaan atau ‎tidak dalam penyelenggaraan Nirwasita Tantra Award.

BACA JUGA: Mantap Jiwa! Pak Djarot Punya Kesan Mendalam saat Naik Taksi

Bagi dia, yang penting adalah kebijakan di suatu daerah bisa menjadi contoh untuk daerah lain.

‎"Saya enggak mikir dapat atau tidak dapat (award). Tapi, yang perlu kami sampaikan bahwa apa yang dianggap baik di Jakarta monggo silakan bisa ditiru dan direplikasi di banyak daerah," kata Djarot.

BACA JUGA: Djarot: Warga Seharusnya Bersyukur

Dj‎arot menjelaskan, masing-masing daerah bisa berbagi pengalaman terkait kebijakan dan kepemimpinan, terutama terhadap pembangunan lingkungan hidup. ‎Dia menyampaikan berbagai hal dalam presentasi di hadapan dewan penilai.

"‎Terutama dari aspek kebersihan sungai, waduk, setu, taman, pengolahan sampah, transportasi, pemukiman yang lebih sehat, dan tentang banjir," tutur Djarot.

‎Mantan Wali Kota Blitar itu juga menyampaikan bahwa pengelolaan lingkungan hidup di Jakarta dulu dikelola oleh pihak ketiga. Namun, kini lebih banyak diambil alih oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Saya sampaikan bahwa alat-alat kami beli sendiri dan semua dipasang GPS, sehingga kami bisa melihat jalan atau tidak," ‎ungkap Djarot. (gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pak Djarot Adakan Lomba Buat Nasi Goreng, Siapa Mau Ikut?


Redaktur & Reporter : Gilang Sonar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler