Djarum Gencarkan Program Peningkatan Kapasitas BUMDes

Jumat, 04 Desember 2020 – 14:16 WIB
PT Djarum memberikan pelatihan kepada pengurus BUMDes di Desa Glagah Kulon, Kecamatan Dawe, Kudus, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. Foto: dok. PT Djarum

jpnn.com, JAKARTA - Peningkatan kapasitas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan bagian penting dari upaya strategis dalam mencapai 17 tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan pemerintah.

PT Djarum bersama Lokadata.id secara konsisten melakukan program pengembangan kapasitas pengelolaan BUMDes, khususnya di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Kawal Pemulihan Ekonomi Nasional, Bea Cukai Sambangi Djarum, Ada Apa?

Public Affairs Senior Manager PT Djarum Purwono Nugroho mengatakan, program pengembangan kapasitas pengelolaan BUMDes harus disesuaikan dengan kondisi pandemi agar BUMDes siap bangkit kembali tahun depan.

“Pandemi Covid-19 telah membawa dampak signifikan kepada perekonomian nasional. Namun diharapkan BUMDes ini bisa menjadi penggerak mulainya kembali roda perekonomian yang berawal dari desa,” ujar Purwono Nugroho, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/12).

BACA JUGA: Bela PSBB Jakarta, YLKI Soroti Surat Bos Djarum ke Jokowi

Program pengembangan kapasitas pengelolaan BUMDes dilakukan PT Djarum dan Lokadata.id diawali dengan melakukan riset dan pemetaan secara mendalam yang didukung sistem pengawasan capaian SDGs secara sistematis dan terintegrasi.

Sistem ini menggunakan wadah bernama Dashboard Lokadata yang memuat data-data temuan capaian SDGs dari level provinsi, kabupaten/kota, hingga ke desa.

BACA JUGA: Gus Menteri: Ini Saatnya BUMDes Resmi Jadi Badan Hukum

Salah satu hasil temuannya menunjukan bahwa minimnya kontribusi BUMDes dalam pertumbuhan ekonomi disebabkan karena terbatasnya kualitas SDM, tata kelola BUMDes, hingga minimnya pemahaman potensi desa yang dimiliki sebagai basis usaha BUMDes.

Program ini dilakukan antara lain dengan melakukan sejumlah pelatihan peningkatan kapasitas pengurus desa dan kapabilitas pengelolaan BUMDes yang bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kudus.

Pelatihan ini dilakukan dalam berbagai format mulai dari seminar untuk memberikan pemahaman regulasi dan kelembagaan BUMDes hingga diskusi kelompok dan praktik dengan materi analisis kelayakan usaha, perencanaan bisnis dan manajemen, hingga sharing kisah sukses. Pelatihan juga mencanangkan bobot skor sebagai indikator yang harus diraih oleh tiap BUMDes.

Langkah PT Djarum ini pun mendapat apresiasi dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar.

“Kehadiran BUMDes memang memberikan ruang yang luas bagi masyarakat dan juga sektor swasta untuk berpartisipasi dalam mengembangkan serta menggerakkan perekonomian desa. Hal ini menjadi penting karena BUMDes merupakan ujung tombak kesejahteraan masyarakat desa,” tutur Mendes PDTT Abdul Halim, dalam Webinar Desa Seri Ketiga dengan tema “Menggali Potensi Permodalan BUMDes”, melalui aplikasi Zoom dan Youtube, Kamis (3/12). (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Djarum   PT Djarum   BUMDes  

Terpopuler