Djoko Susilo, Angkatan Intelektual Pertama Jawa Pos

Rabu, 27 Januari 2016 – 07:16 WIB
Dahlan Iskan (tengah) memberikan pesan dan kesan didampingi anak pertama Alm. Djoko Susilo, Reza Zafiruddin (kiri keempat), Menteri Sekertaris Negara Pratikno (kiri ketiga), Ketua Tim Transisi Kemenpora Gatot Dewobroto (kanan kelima) dan kerabat serta teman saat mendatangi rumah duka Mantan Dubes Swiss RI Djoko Susilo, di Bogor, Selasa (26/01/2016). Foto: Imam Husein/Jawa Pos

jpnn.com - BOGOR – Meninggalnya mantan Duta Besar Swiss Djoko Susilo terbilang mendadak. Pasalanya,  mantan wartawan Jawa Pos itu meninggal saat tengah bertemu dengan koleganya di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan. 

Saat ditemui di kediaman di kawasan Sentul City, Bogor, anak kedua Djoko, Mirza Zahiruddin Akbar Susilo menyebut bahwa sang Ayah sedang akan bertemu dengan salah satu temannya. 

BACA JUGA: Jadi Instansi Vertikal, Seluruh Kaban Kesbangpol Minta Eselon Jangan Turun

Dia tidak menyangka jika Bapaknya tiba-tiba mendapat serangan jantung. Saat dilarikan ke rumah sakit Ali Sibro di Ciganjur, Djoko sudah tak tertolong. “Bapak sedang ada urusan bisnis waktu itu,” kata Mirza kepada Jawa Pos, kemarin (26/1). 

Dia menyatakan mendapat kabar meninggal bapaknya dari pamannya. Djoko yang lahir di Boyolali, 6 Juli 1961 itu dinyatakan meninggal sekitar pukul 12.30 WIB. Saat itu, hanya Mirza yang berada di rumah, sementara Musfiroh S Badrie, ibunya tengah berada di Surabaya. “Ibu sedang dalam perjalanan kesini,” kata Mirza. 

BACA JUGA: Kepala BBPJN Mengaku Tak Tahu Soal Permainan Anak Buah Mega

Menurut Mirza, saat di rumah sakit, Djoko ditemani oleh kakaknya, Muhammad Riza Zafiruddin Susilo. Sementara sang adik, Victoria Adelila Izzati masih berada di Belanda. “Adik kuliah disana, saya masih coba menghubungi dia,” kata Mirza. 

Jenazah baru tiba di rumah duka sekitar pukul 17.00 WIB. Saat tiba di rumah duka, jenazah Djoko sudah dimandikan dan dikafani. Jenazah langsung dibawa ke ruang utama kediaman Djoko. Tampak sudah menunggu, sejumlah sahabat Djoko seperti anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidharto Danusubroto, mantan Wakil Ketua MPR Hajriyanto Thohari, dan staf khusus Menpora Gatot S Dewobroto. Menyusul hadir kemudian adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan CEO Jawa Pos Dahlan Iskan. 

BACA JUGA: 16 Polisi Dapat Penghargaan Usai Bom Thamrin, Ada Polisi-polisi Ganteng?

Juru bicara keluarga Djoko, Happy Bone Zulkarnain meminta kepada para sahabat Djoko untuk memberikan testimoni mereka. Dahlan Iskan saat diberi kesempatan menyatakan, dirinya akrab menyebut Djoko dengan panggilan khas. “Saya selalu memanggil dengan sebutan Bung Djoko,” kata Dahlan. 

Dahlan menyebut Djoko adalah generasi intelektual pertama di Jawa Pos. Saat itu, kata Dahlan, Jawa Pos belum menjadi koran besar, belum bisa menggaji sarjana. “Jawa Pos saat itu miskin, saudara Djoko angkatan pertama yang saya rekrut,” kata Dahlan. 

Ternyata, dalam perjalanan, kata Dahlan, sosok Djoko mendua. Ini karena, Djoko saat bekerja di Jawa Pos juga menjadi dosen di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya. 

Secara aturan, hal tersebut sejatinya tidak diperbolehkan. “Waktu saya tanya kenapa jadi PNS, ternyata Bung Djoko berkeinginan pergi keluar negeri,” kata Dahlan. 

Mendengar hal itu, Dahlan memberi jaminan kepada Djoko bahwa wartawan Jawa Pos juga bisa keluar negeri. Negara pertama yang dikunjungi Djoko saat berstatus wartawan Jawa Pos adalah Libya. 

“Waktu itu juga ada agenda bertemu pemimpin tertinggi Libya, Muammar Gaddafi, beliau sangat excited sekali,” ujarnya. 

Setelah itu, Djoko memang banyak menghabiskan waktu menjadi kontributor Jawa Pos di Amerika Serikat dan Inggris. Menurut Dahlan keahlian berbahasa Djoko menjadi nilai tambah, mengapa dia ditempatkan di sana.

"Bung Djoko itu hapal sekali jenis-jenis senjata, hapal jenis-jenis kapal perang, hampir semua di bidang itu dia kuasai," kata Dahlan.

Dahlan mengaku tahu jika Djoko selama ini sudah terkena sakit gula darah. Saat bertemu setelah sekian lama, Dahlan mengetahui hal itu setelah melihat fisik dari Djoko. Namun, Dahlan juga kagum dengan sikap Djoko setelah mengetahui sakit yang dideritanya. “Bung Djoko itu luar biasa konsistennya, menjaga diri,” kata Dahlan. 

Sementara Pratikno juga memiliki kenangan tersendiri atas sosok almarhum. Dia menyatakan, Djoko adalah seniornya persis satu tingkat saat kuliah di Universitas Gajah Mada. “Mas Djoko waktu pertama masuk, naik ke meja melakukan orasi, sesuatu yang menginspirasi kami,” kata Pratikno. 

Anggota Fraksi Partai Amanat Nasional Tjatur Sapto Edy memuji Djoko sebagai panutan di berbagai tempat. Di internal PAN, Djoko adalah salah satu pendiri partai yang memiliki berbagai gagasan. Di internal fraksi, Djoko memberi panutan bagaimana menjadi anggota DPR yang benar. “Bahkan saat sudah tidak di DPR sekalipun, Mas Djoko tetap kritis memberi masukan kepada DPR,” ujarnya. 

Gatot juga merasa kehilangan sosok Djoko, tidak hanya karena akhir-akhir ini intens bertemu sebagai tim transisi PSSI. Sejak kuliah, Gatot sudah akrab dengan Djoko. Namun, nasihat yang diberikan Gatot di tim transisi adalah salah satu hal yang tak kalah penting. “Pak Djoko bilang, kalau urusan sepakbola jangan setengah-setengah. Jangan takut meskipun digugat,” ujarnya. 

Jenazah Djoko rencananya akan dimakamkan hari ini di kota kelahirannya di Banaran, Boyolali. Jenazah bertolak dari rumah duka sekitar pukul 21.30 WIB, menuju Boyolali dengan menggunakan jalur darat. (bay)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Soal LBGT, Ahok: Yang Penting Gak Nularin HIV


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler