Donaire Resmi Masuk Jajaran Elite

Senin, 21 Februari 2011 – 10:22 WIB
Photo: Chris Cozzone

LAS VEGAS - Filipina kembali mengalahkan Meksiko di ring tinju profesionalPetinju Filipina Nonito Donaire masih terlalu perkasa bagi lawannya yang asal Meksiko, Fernando Montiel

BACA JUGA: Duga Sejak Awal Disetting

Donaire pun merampas dua sabuk juara dunia kelas bantam yang sebelumnya dimiliki oleh Montiel
Montiel tak mampu membendung kecepatan dan kekuatan di dua ronde pertarungan

BACA JUGA: Ragu Kemampuan Individu

Akibatnya, Donaire menjatuhkan sang juara bertahan pada ronde kedua
Wasit pertandingan perebutan gelar juara kelas bantam versi WBC dan WBO itu, Russell Mora menyatakan Donaire menang TKO (technical knockout).
   
"Saya ingin melihat bagaimana reaksi dari tubuhnya

BACA JUGA: Mulai Gagas PSSI Tandingan

Terutama bagian kepalanyaJadi, saya harus memberikan beberapa (pukulan) supaya mengetahuinya," ungkap Donaire seperti dikutip AFP.Donaire sudah mendominasi sejak ronde pertamaPada ronde kedua Montiel makin tak mampu membendung serbuan DonaireKombinasi hook kanan dan hook kiri mengakhiri perlawanan Montiel saat ronde kedua menyisakan 35 detik.
   
"Saya memukulnya dengan hook kiri, melihatnya kesulitan dan saya lihat dia terkulaiLalu saya tahu kalau pertarungan sudah berakhir," kata Donaire yang sebelumnya juga menyandang gelar juara dunia kelas terbang versi IBF.
   
Tubuh Montiel jatuh ke kanvas dengan kerasDi sempat bangkit, namun wasit Mora menyatakan pertarungan berakhir untuk menghindarikejadian yang tak diinginkanSeketika, Donaire melompat kegirangan untuk merayakan gelar juara dunia yang kedua dari kelas berbeda yang diraihnya.
   
"Saya harus kuat, tapi perbedaan dalam pertarungan tadi adalah kecepatan.Dia membiarkan tubuhnya terbuka dan itu memberi saya keuntungan," ujar petinju 28 tahun ituNamun, dia mengaku sempat terkejut ketika Montiel sempat bangkitDia kaget lantaran Montiel jatuh dengan keras dan bagian belakang tubuh lebih dulu.
   
Tak sekadar mengekor kesuksesan Manny Pacquiao, Donaire juga menjadi kebanggan baru negerinyaDia berasal dari General Santos City, yang juga merupakan kota asal Pacman, julukan PacquiaoSatu hal lagi, dengan mengalahkan Montiel, dia mengikuti jejak Pacman yang dikenal sebagai penakluk petinju asal Meksiko hingga mendapat julukan The Mexicutioner.
   
Dengan kemenangan itu, Donaire resmi masuk ke jajaran petinju eliteDia berpotensi menjadi salah satu anak emas dunia tinju dengan aksi-aksinya yang garangApalagi, era seniornya Manny Pacquiao segera berakhir menyusul keinginannya untuk segera pensiun dari dunia profesional.
   
Saat ini, Donaire mengantongi rekor 27 kali naik ring dengan satu kekalahan25 duel terakhir diakhirinya dengan kemenangan, 18 di antaranya dengan KO"Saya hanya ingin bertarung untuk meyakini apa yang saya milikiSaya ingin menjadi yang tak tergoyahkan di kelas iniJika tidak, saya akan naik ke kelas berikutnya," ujar Donaire(ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jangan Ada Aklamasi di Kongres PSSI


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler