Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi, Jakpreneur Integrasikan Sistem QRIS

Senin, 19 Desember 2022 – 20:57 WIB
Soft launching pemutakhiran dashboard sistem Jakpreneur, untuk memudahkan pendaftaran dan pembuatan QRIS Jakpreneur bagi para UMKM yang baru bergabung menjadi anggota Jakpreneur. Foto dok Jakpreneur,

jpnn.com, JAKARTA - Pemprov DKI menggelar acara Pameran Produk Kreatif di Balai Kota DKI Jakarta, untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan kegiatan diikuti oleh 70 UMKM.

BACA JUGA: Ganjar Kolaborasikan Peternak & Perguruan Tinggi untuk Kembangkan Domba Batur di Dieng

“Dalam kegiatan ini juga dilakukan soft launching pemutakhiran dashboard sistem Jakpreneur, untuk memudahkan dalam pendaftaran dan pembuatan QRIS Jakpreneur bagi para UMKM yang baru bergabung menjadi anggota Jakpreneur. Integrasi ini juga mempermudah Dinas PPKUKM dan stakeholders memperoleh data transaksi para anggota Jakprenuer yang akurat guna membantu proses pemodalan, pengembangan akses pasar dan ruang usaha UMKM,” ujar Ratu Allo.

Melalui Jakpreneur, berbagai program fasilitasi yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat diakses oleh para UMKM binaan Jakpreneur, agar lebih mudah dalam mengembangkan usahanya.

BACA JUGA: Anggota DPR Ini Menilai Jokowi Sangat Serius Mewujudkan Kemajuan UMKM

Sehingga, setiap orang dapat memiliki keterampilan dan kemandirian berwirausaha serta berkesempatan untuk meraih kesuksesan.

Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati mengatakan pelaku UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian di DKI Jakarta.

BACA JUGA: Jakpreneur Bidik Kebangkitan UMKM DKI Jakarta

Diharapkan para pelaku UMKM Jakpreneur terus meningkatkan kualitas produk, kemasan dan terus berinovasi untuk mengembangkan produk dengan baik agar dapat bersaing di dunia internasional. Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM dengan membelanjakan produk UMKM dan penyediaan bahan baku.

”Kegiatan ini bertepatan dengan Hari Bela Negara, dengan aktif membelanjakan produk dalam negeri dapat mendukung program pemerintah pusat yaitu Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk mendorong pemulihan ekonomi,” ujar Sri Haryati.

QRIS Jakpreneur tidak hanya memberikan fasilitas sistem pembayaran non-tunai yang cepat, mudah, murah, aman dan andal bagi seluruh UMKM Jakpreneur yang sudah bisa memanfaatkannya, tetapi juga memungkinkan Dinas PPKUKM bisa secara langsung (real-time).

Serta melakukan pemantauan yang lebih akurat dan terukur atas perkembangan kinerja setiap UMKM dari berbagai program pengembangan kewirausahaan yang selama ini sudah, sedang berjalan dan yang akan datang.

“Saat ini masih dalam tahap uji coba, karena sedang dalam proses penyempurnaan untuk beberapa fitur, diharapakan segera dapat terintegrasi secara penuh dan langsung dengan platform Jakpreneur yang sudah dikembangkan terlebih dahulu sebelumnya oleh pihak Dinas PPKUKM, serta sudah menaungi lebih dari 340.000 UMKM Jakpreneur dari seluruh wilayah DKI Jakarta,” terang Ratu Allo.

Nantinya segala bentuk program pengembangan kewirausahaan kedepannya bisa secara langsung dipantau secara lebih akurat dan terukur serta bisa terus ditingkatkan secara berkelanjutan dengan pemanfaatan teknologi digital terkini.

Integrasi sistem ini bertujuan untuk menyempurnakan sistem pendataan UMKM binaan Jakpreneur Dinas PPKUKM DKI Jakarta, melalui sistem QRIS Jakpreneur yang telah terintegrasi ini, Dinas PPKUKM dapat memonitoring data transaksi tiap UMKM.

Melalui data tersebut dapat digunakan untuk membantu proses pengambilan keputusan Dinas menentukan UMKM yang perlu mendapatkan pendampingan khusus atau modal tambahan.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemerintah Alihkan 75,51 Persen Saham Semen Baturaja ke SIG


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler